Monday, 30 May 2016

Guratan Seniman Pelukis Karikatur Para Pejabat



Jakarta - Jika anda pernah ke daerah pasar baru, jakarta Pusat anda pasti menemukan jasa pelukis gambar karikatur, tempat ini berada diseberang Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Pada awalnya usaha melukis gambar karikatur ini dulunya dari jasa tulis indah untuk piagam atau ijazah dan kartu ucapan kemudian perlahan mereka beralih untuk mencoba membuat lukisan foto hitam putih, setelah itu mulai berkembang untuk menjadi pelukis karikatur hingga kini.

Salah seorang seniman pelukis yang bernama Iwan yang berada di pasar baru ini mengaku ia lebih tertarik melukis wajah ataupun karikatur para pejabat pasalnya para penjabat, setiap hari selalu yang mempunyai isu menarik dengan isu tersebut Iwan berpendapat mempunyai nilai tukar dan dapat mengiring pembeli.

"Alhamdulillah, pesanan lukisan ada-ada saja, buat mereka yang memesan untuk hadiah maupun untuk dia sendiri," ujarnya di Jakarta, Minggu (29/05/2016).

Tidak heran bila Iwan selalu kebanjiran pesanan lukisan karikatur para pejabat, rata rata mereka yang datang memesan para pengusaha maupun staf para pejabat, mereka memesan lukisan karikatur untuk hadiah ataupun ucapan terimaksih dalam sebulan bisa mendapat pesanan 3-4
karikatur gambar.

Karikatur bisa dikerjakan dengan waktu 1-2 hari media yang digunakan adalah kertas dan kanvas untuk kertas biasanya menggunakan cat air, sedangkan kanvas menggunakan cat minyak tarif gambar karikatur pun beragam berkisar antara 500 ribu hingga 1.5 juta rupiah tergantung tingkat kesulitan dalam pengerjaan lukisan tersebut.

Seniman lukis yang tergabung dalam kppi atau kelompok penulis pelukis indah pasar baru ini sudah memulai usaha mereka dari tahun 90 an hingga
sekarang.