Thursday, 19 March 2015

Pesawat Pertama Bertenaga Surya Melintas di India



Varanasi – Pesawat bertenaga surya pertama Solar Impulse akan lepas landas dari Ahmadabad, India, pukul 07:18 waktu setempat, dengan pilot Andre Borschberg menuju Varanasi di wilayah Uttar Pradesh sebagai perjalanan keliling dunia.
 
Sebelum Solar Impulse  berhenti sejenak di Varanasi, sebelum melintasi Teluk Benggala lalu mennuju Mandalay Myanmar dengan pilot Bertrand Piccard. 
 
Mengutip dari laman inilah.com, perjalanan Solar Impulse hingga saat ini baru menempuh 2.000 kilometer dalam dua segmen yang mana terhitung  sejak mengawali pertualanganya di Abu Dhabi. Perjalanan ini akan diperkirakan berlangsung dalam lima bulan hingga kembali ke Uni Emirat Arab, setelah melintasi Samudera Pasifik dan Atlantik.
 
Take-off, Rabu (18/3), tertunda dua jam karena masalah upacara adat. Pesawat akan menempuh jarak 1.100 dari Ahmedabad ke Varanasi dan diperkirakan menghabiskan waktu 15 jam. Namun leg kempat, antara Varanasi-Mandalay kemungkinan lebih sulit. Jarak Varanasi-Mandalay 1.500 kilometer.
 
Solar Impulse akan mendapatkan tenaga dari panel-panel surya yang menempel pada sayap yang panajangnya 72 meter untuk mengisi baterai pesawat selama penerbangan.
 
Badan pesawat berbahan serat karbon yang beratnya hanya 2,3 ton dengan sayap lebih besar dari boing 747 karena sayapnya digunakan untuk menyerap tenaga surya sebagai sumber tenaga.