Tuesday, 7 April 2015

Pilot dan Kopilot Air India Ribut Sebelum Lepas Ladas




Jakarta - Adu argumen antara Pilot dan Kopilot terjadi di dalam kokpit sebuah pesawat Air India. Kopilot diduga menyerang dan melakukan tindakan yang tidak menyenangan kepada kapten sebelum pesawat lepas landas.

"Kapten mengatakan kepada kopilot agar ia mencatat angka yang penting di dalam pesawat sebelum pesawat lepas landas. Catatan angka itu meliputi jumlah penumpang, berat pesawat saat lepas landas dan serapan bahan bakar pada sebuah kertas kecil seperti kartu (list sheet) yang diletakkan di depan kemudi pilot yang menunjukkan durasi penerbangan. Kopilot ternyata melanggarnya dan kemudian memukuli kapten," ujar seorang sumber di dalam pesawat seperti diberitakan Russia Today, Selasa (7/4/2015).

Juru bicara Air India, GP Rao, mengatakan insiden itu terjadi sebelum Pesawat Air India dengan nomor penerbangan 611 lepas landas dari Jaipur menuju Delhi, ia mengatakan, perkelahian itu dipicu kerena adanya adu argumentasi antara pilot dan kopilot.

GP Rao menambahkan, Karena demi kepentingan yang lebih besar, pilot memutuskan untuk melanjutkan penerbangan, namun rencana penerbangan dibatalkan demi keselamatan. Meskipun tidak terjadi tindakan kekerasan di kokpit, Rao menegaskan untuk sementara pilot dan kopilot telah di istirahatkan demi pemyelidikan lebih lanjut yang akan dilakukan setiba keduanya di Delhi.