Monday, 30 May 2016

Awas, Bekerja Terlalu Lama Bisa Berisiko Terkena Penyakit Jantung


PenaOne,- Bekerja berjam-jam per-hari bisa dampak pada peningkatan risiko penyakit jantung. Dikutip dari menshealth, menurut sebuah studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Occupational dan Environmental Medicine mengungkap, orang yang bekerja selama 55 jam seminggu memiliki 16 persen kemungkinan menderita penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang bekerja 45 jam seminggu dan risiko yang lebih besar timbul pada orang yang bekerja 65 jam seminggu, yaitu dengan resiko sebesar 33 persen.

“Kombinasi dari faktor yang terkait dengan jam kerja yang lama dapat menempatkan jantung manusia dalam keadaan bahaya. Hal ini erat kaitannya dengan faktor stress saat bekerja. Stres inilah yang bisa meningkatkan kadar hormon stres, adrenalin dan kortisol," ungkap John Higgins, dokter ahli jantung di Texas.

Kurangnya istirahat juga berdampak terkena jantung, dikarenakan kualitas tidur yang tidak cukup karena gaya hidup yang tidak sehat seperti sering begadang.

"Tingginya kadar hormon akan memicu peningkatan tekanan darah, kolesterol dan tingkat kortisol tinggi jangka panjang yang menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung, dan gagal jantung,” tambah John.

Dengan memperhatikan jam kerja akan bisa meningkatkan kesehatan jantung, bilamana anda tidak bisa mengurangi jam kerja anda bisa mencoba dengan memprioritaskan kebiasaan sehat dengan berjalan kaki selama 20 menit saat mencari makan siang dan disaat istirahat tidur malam anda bisa mematikan telepon agar anda bisa beristirahat dengan tenang tanpa ada ganguan dari telepon masuk saat anda tidur.

 Sumber: menshealth