Saturday, 21 May 2016

Pembukaan MTQ Kecamatan Bonjol Dihadiri Bupati Pasaman



PenaOne, Pasaman - PenaOne, Pasaman – Bupati Yusuf Lubis meresmikan pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu, 21 Mei 2016.

Pembukaan MTQ tingkat kecamatan itu ditandai dengan pemukulan bedug oleh bupati yang di dampingi Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pasaman, Abdel Haq.
Seperti dikutib dari Klikpositif, usai pembukaan MTQ tersebut, Abdel Haq mengatakan bahwa MTQ bukan sekedar berlomba membaca Al-Quran, tetapi salah satu wadah dan upaya untuk menyiapkan generasi yang berkualitas dunia akhirat.
“Untuk menyiapkan generasi yang berkualitas, juga diperlukan dukungan orangtua, tokoh masyarakat, pemimpin formal dan informal,” kata Abdel Haq
Di samping itu, MTQ ini kata Abdel Haq, juga bagian dari upaya pemerintah untuk membangkit batang tarandam, di Pasaman. “Di Pasaman ini ada Pahlawan Nasional yang agamis, yaitu Tuanku Imam Bonjol,” ujarnya.
“Kami berharap sosok Tuanku Imam Bonjol itu menjadi penyemangat bagi generasi muda Pasaman, khususnya bagi masyarakat Bonjol saat ini maupun untuk masyarakat yang akan datang,” tambahnya.
Sementara itu, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis memberikan apresiasi terhadap kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Bonjol, karena peserta dan tamu undangan dalam pembukaan tersebut sangat ramai.
“Mari kita wujudkan masyarakat Pasaman ini yang agamis, berbudaya dan sejahtera, karena ini merupakan visi dan misi saya untuk 5 tahun ke depan membangun Pasaman,” ujarnya.
Sementara itu Camat Bonjol, Mardianto mengatakan pelaksanaan MTQ berlangsung selama dua hari, yakni dari 21-22‎ Mei 2016. Pesertanya, terdiri dari utusan dari masing-masing nagari yang ada di Kecamatan Bonjol.
“Cabang yang dilombakan adalah tilawah, tartil, hifzhil quran, mfq, msq, tilawah tk. Saya berharap kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sukses,” katanya.