Tuesday, 14 June 2016

Awas, Masuk Jalur Transjakarta Pengendara Didenda Rp500 Ribu


Jakarta, PenaOne - Pengguna jalan di Jakarta akan menerima denda berupa tilang tanpa pengadilan jika berani menembus jalur Transjakarta. Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto menyebutkan tilang yang diberikan adalah tilang dengan slip biru.

Dia menyebutkan hukuman tilang dengan slip biru berarti pelanggar harus membayar denda maksimal. "Jika melanggar pengendara harus membayar jumlah denda maksimal sebesar Rp 500 ribu," ujarnya.

Budiyanto mengatakan penggunaan slip biru, maka pelanggar akan membayar ke bank yang ditunjuk. Denda maksimal tersebut berdasarkan pasal 287 menjelaskan setiap pengendara melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Dia mengatakan semua koridor Transjakarta akan disterilkan. Untuk tahap awal akan difokuskan di koridor 1, 3, 4, 5, 6, dan 9. Yang boleh melewati jalur busway adalah bus Transjakarta, ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan mobil dinas berpelat RI.