Thursday, 16 June 2016

Kapolres Pelalawan Himbau Warga Waspada Terhadap Pelaku Curanmor

Riau, PenaOne - Kepala Polisi Resort (Kapolres) Pelalawan AKBP Ari Wibowo mengimbau warga untuk selalu ekstra hati-hati ketika memarkirkan kenderaannya. Pastikan kenderaan yang hendak ditinggalkan tersebut, dalam kondisi aman.

“Di tempat tinggal masing-masing, yang menjadi polisi adalah diri kita masing-masing. Minimal kita bisa mengamankan diri kita dalam lingkungan kita sendiri, paling tidak dengan menjaga barang-barang pribadi yang ada di rumah dengan tidak menyimpan sembarangan, mengunci pintu dan sebagainya. Begitu juga ketika meninggalkan kenderaan yang diparkir, pastikan aman. Hal ini tentunya akan mengurangi niat dan kesempatan para penjahat untuk melakukan pencurian,” terang Ari Wibowo, Rabu (15/6/16).

Kejadi pencurian mobil warga kecamatan Bandar Seikijang, baru-baru ini hendaknya kata Ari menjadi pelajaran bagi warga. Dimana, pemiliknya pada waktu itu, memarkirkan mobil dengan meninggalkan kunci didalamnya.

"Kejadian ini, tentunya harus menjadi pelajaran bagi kita. Dimana memberi ruang bagi para pencuri untuk melancarkan aksinya," tegas Kapolres.

Selanjut Ari meminta, masyarakat juga diminta memberikan informasi kepada pihak kepolisian terkait tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Jangan takut menjadi saksi bila mengetahui tindak kejahatan, itu membantu polisi dan membantu masyarakat untuk mengungkap pelaku tidak pidana,” harap Kapolres.

Menurut Ari lagi, yang tidak kalah penting ialah masyarakat di setiap RT, RW atau kelurahan memiliki pos Siskamling yang dijaga oleh warga setempat. Pemeliharaan Kamtibmas juga dapat dilakukan dengan tidak melakukan tindakan anarkis atau kekerasan.

“Jangan sampai melakukan tidak kekerasan atau menganiaya orang sehingga bisa luka dan meninggal dunia. Ini diharapkan peran masyarakat, jangan sampai sedikit masalah main tusuk dan tikam dan sampai mengeroyok orang,” tandasnya.


Sumber: Riauterkini