Sunday, 5 June 2016

Ramadhan Diambang Pintu: Ribuan Pengunjung Sesaki Rumah Ayahwa Ketua Dewan


Photo/Rais
Aceh Utara, PenaOne - Ramadhan bulan suci sudah di ambang pintu, masyarakat Kab.Aceh utara memadati  rumah Ayahwa Ketua DPRK Aceh Utara, yang bernama lengkap Ismail A. Jalil,  di Gampong Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Sabtu, (04/06/2016), malam. Ribuan warga datang dari berbagai Kec. untuk menunggu pembagian uang meugang. Hingga tengah malam, antrian masih terjadi, namun jumlahnya mulai menurun karena banyak warga yang sudah pulang ke rumah masing-masing.

"Saya menyambut baik setiap tamu yang datang apapun bentuk dan tujuannya. Ini merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan secara pribadi setiap meugang. Seperti tahun - tahun sebelumnya jumlahnya mencapai ribuan," kata Ismail A. Jalil kepada sejumlah wartawan.

Ketua DPRK Aceh Utara ini menyampaikan,  masyarakat yang datang berasal dari sejumlah kecamatan diantaranya, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Langkahan, Baktiya, Seunuddon, dan Matangkuli. Bahkan ada juga yang datang dari Kabupaten Aceh Timur.

"Santunan uang meugang ini jumlahnya bervariasi cukuplah untuk membeli 1 kilogram daging. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat miskin dan kaum duafa. Saya ingin masyarakat dari berbagai pelosok daerah di Kab.Aceh Utara  dapat sama-sama merasakan meugang yang memang merupakan salah satu tradisi yang dijalankan secara turun temurun di Aceh," ujar Ayahwa.
 Photo/Rais
Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setiawan melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye, AKP Teguh Yano Budi secara terpisah mengatakan,  proses Santunan uang meugang di rumah Ketua DPRK Aceh Utara, ikut dalam pengamanan ini Tim 10  Polres Aceh Utara dan juga personel Polsek.

"Pengamanan ini  dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat jumlah warga yang datang mencapai 1.500 jiwa. Sejauh ini kondisi aman dan terkendali. Pembagian uang meugang itu berlangsung tertib. Hingga pukul 23.45 WIB, warga masih mengantri  di Gampong Matang Drien tempat tinggalnya rumah ketua DPRK Aceh Utara ," Imbuh.

Tampak ribuan Pengunjung memadati rumah Ismail A.jalil. di Desa Matang Drien. Tanah Jambo Aye.Kabupaten Aceh Utara.


Penulis: Rais