Sunday, 12 June 2016

Rumah Zakat Luncurkan Program Senyum Ramadhan


Jakarta, PenaOne - Rumah Zakat dalam bulan Ramadhan ini meluncurkan program Senyum Ramadhan dengan membantu sebanyak 170 ribu penerima manfaat yang terbesar dari Aceh hingga Papua, program yang akan berjalan pada bulan Ramadhan ini antaranya berbuka puasa bersama, kado lebaran Yatim, bingkisan lebaran keluarga, dan Syiar Quran.
Chief Program Officer Rumah Zakat Heny Widiastuti, mengatakan, bulan Ramadhan tahun ini Program pemberdayaan masyarakat akan berjalan dan akan menjangkau berbagai daerah di nusantara.
“Tentunya tren penghimpunan dana ZIS di bulan Ramadhan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan bulan lain, sehingga program pemberdayaan masyarakat di bulan Ramadhan lebih optimal dalam menjangkau penerima manfaat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Chief Program Officer Rumah Zakat Heny Widiastuti, Sabtu (11/6).
Hingga hari kedua Ramadhan 1437 H, Heny menambahkan, Rumah Zakat telah menyalurkan sebanyak 1.092 paket Berbagi Buka Puasa, 40 paket Kado Lebaran Yatim, 5 paket Berbagai Kado Lebaran, serta 39 paket Syiar Quran.
“Jumlah tersebut akan terus bertambah karena penyaluran dilakukan setiap hari hingga H-1 Idul Fitri,” ungkap Heny.
Rumah Zakat dalam program Ramadhan ini bekerja sama dengan aplikasi Go-Jek. Pengguna Go-Jek bisa ikut berdonasi paket Kado Lebaran Yatim senilai Rp. 310 ribu yang berisikan perlengkapan sekolah, makanan dan susu. Pilihan lainnya adalah Bingkisan Lebaran Keluarga seharga Rp 360 ribu yang berisikan perlengkapan sholat dan sembako.
Periode pengumpulan donasi melalui Go-Jek tersebut dimulai sejak 6 Juni sampai 30 Juni 2016. Donasi dapat diberikan melalui metode pembayaran Go-Pay atau kartu kredit. Penyalurannya pun akan tersebar ke 16 kota, diantaranya Jakarta, Subang, Medan, Palembang, Makassar, Cimahi, Makassar. Rumah Zakat tercatat memiliki 723 wilayah binaan anak yatim dan kurang mampu di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua.