Sunday, 12 June 2016

Sembilan Program dari Baznas di Bulan Ramadhan 1437 H


Jakarta, PenaOne - Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan,  selama bulan Ramadhan, Baznas akan menyalurkan zakat yang terbagi dalam  sembilan program bertajuk “Kebangkitan Zakat.”
“Kondisi Indonesia sedang melemah, diharapkan aserangkaian program ini  menjadi solusi mengentaskan kemiskinan,” kata Bambang dalam konferensi pers Program Ramadhan Zakat, di Jakarta, pada beberapa waktu lalu.
Bambang menegaskan, bahwa program pelayanan zakat ini perlu diperjuangkan agar zakat menjadi pilar penting dalam managemen ekonomi nasional, memperbaiki upah buruh dan aparat negara, serta mampu mengatasi inflasi.
Selain itu, lanjut dia, program ini juga memanfaatkan zakat untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta meningkatkan peran inklusif dan redistributif zakat dalam sistem ekonomi Indonesia.
Berikut ini sembilan program layanan zakat Baznas selama bulan Ramadhan :
  1. Baznas Peduli Mirgan
Pada Ramadhan tahun ini, Baznas akan menghadirkan program Peduli Mirgan Hongkong. Program ini akan melakukan berbagai advokasi dan pelatihan keterampilan psikologi dasar dan buka pusa bersama buruh migran Indonesia.
  1. Pasukan Umar bin Khattab
Program ini bertujuan untuk menolong mustahik yang berada di sudut dan gang di kota Jakarta dan sekitarnya.
  1. Pesantren Enterpreneur
Kegiatan pendidikan dan pelatihan enterprenuer bagi mustahik, yang memiliki tekad menjadi pengusaha muda Muslim.
  1. ReUsed Market
Lewat program ini, Baznas ingin menolong para penjual barang bekas untuk meningkatkan taraf hidupnya.
      5. Gerakan Devisa Mudik
Program ini dilakukan untuk memanfaatkan perputaran uang di masa mudik lebaran yang dikeluarkan oleh para pemudik, yang bersifat konsumtif menjadi lebih produktif di kampung halaman. Program ini dilakukan di Pulau Jawa.
      6. Teras Sehat
Program ini berupa informasi tentangan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.
  1. Hidangan Berkah Ramadhan
Program penyediaan konsumsi untuk berbuka puasa dan sahur bagi para mustahik di lingkungan penduduk Muslim.
  1. Paket Ramadhan Bahagia
Baznas menyalurkan paket Ramadhan Bahagia kepada para mustahik di beberapa kota se-Indonesia. Program ini juga bekerjasama dengan Go-jek untuk mengantarkan paket tersebut.
  1. Konter Pembayaran Zakat
Baznas melayani pembayaran zakat di 12 mal dan 17 perkantoran di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Selain pembayaran, gerai tersebut juga melayani konsultasi dan hitung zakat oleh para petugas.