Friday, 3 June 2016

Selama Ramadhan PLN diminta Tidak Padamkan Listrik


Lhokseumawe, PenaOne - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) meminta PLN tidak melakukan pemadaman listrik selama bulan suci Ramadhan. Menurutnya, pemadaman listrik akan menganggu ibadah yang dilakukan pada malam hari.

Staf Khusus Yara, Hasanuddin mengatakan, pada malam Ramadhan warga menjalankan berbagai ibadah sunat diantaranya, shalat tarawih, tadarus dan berbagai aktivitas lainnya. Bahkan aktivitas yang biasanya dilakukan pada siang, selama puasa dilakukan pada malam hari.

Selain itu, warga juga rajin melakukan shalat berjamaah di masjid dan menasah (surau). Sehingga tempat-tempat ibadah selalu ramai dipenuhi sejak Magrib sampai Subuh. “Karena tempat ibadah selalu ramai, jadi jangan ada pemadaman listrik,” ujar Hasanuddin, Lhokseumawe, Jumat, (3/6).

Sementara itu Ketua LSM Aliansi Indonesia DPC Aceh Utara, Amri Usman menyebutkan, pemadaman listrik sering terjadi karena gangguan jaringan. “Jaringan listrik banyak yang terganggu karena dekat dengan pohon di pinggiran jalan,” ungkapnya. Menurut dia, tiang listrik lebih pendek dari batang pohon, sehingga daun dan dahan jatuh ke atas kabel.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, seharusnya pihak PLN harus mencari solusi. “Kalau memang tidak sanggup dijaga, seharusnya tiang ditempatkan lebih tinggi,” tegas Amril.
Kepala PLN Cabang Lhokseumawe melalui Kabag Humas, Alibasyah mengakui, selama ini pemadaman dilakukan karena kerusakan jaringan. Namun, ada juga pemadaman akibat kekurangan daya. “Sehingga perlu penghematan pemakaian pada saat beban pucak,” jelas Alibayah. Bila pada saat beban pucak terjadi pemakaian berlebihan, pembangkin akan berhenti.

Pada bulan Ramadhan, beban puncak biasanya terjadi antara pada pukul 19.00 sampai pukul 20.00. Selain itu, beban puncak juga terjadi menjelang saur sampai shalat Subuh. “Kita menghibau masyarakat bisa menghemat pemakaian listrik pada saat beban pucak,” jelas Humas PLN Cabang Lhokseumawe, dalam pertemuannya dengan para wartawan di Lhokseumawe.(b15).