Wednesday, 29 June 2016

Zakat Pada Bulan Ramadhan Tahun ini Targetkan Rp 2 T


Jakarta, PenaOne - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan zakat tahun ini mencapai Rp 5 triliun se-Indonesia. Sedangkan target zakat selama bulan Ramadan tahun ini Rp 2 triliun. Sampai saat ini zakat yang sudah terkumpul sebesar Rp 1 triliun.

Hal ini dikemukakan Ketua Baznas Bambang Sudibyo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 28 Juni 2016. Dia menjelaskan target Rp 2 triliun itu angka keseluruhan dari pusat provinsi, kab/kota, dan lembaga ami lzakat (LAZ). Tahun 2015, target zakat bulan ramadan Rp 1 triliun dan target zakat selama setahun Rp4 triliun. Jumlah zakat yang terkumpul 215 Rp 3,6 triliun dan disalurkan Rp 2,2 triliun.

"Itu yang dihimpun lembaga amil zakat yang resmi. Di pusat ada baznas, di provinsi ada 34 baznas provinsi, dan ada juga baznas kab kota, di samping itu ada 250 Lembaga Amil Zakat yang swasta yang diakui pemerintah. Masih banyak zakat-zakat yang dibayarkan pada lembaga-lembaga di luar itu yang tentu tidak kita hitung. Termasuk zakat yang disalurkan sendiri oleh muzakki (wajib zakat) langsung," kata Bambang.

Dalam penyalurannya, Bambang mengatakan baznas menyalurkan zakat sesuai syariah, paling banyak pada fakir miskin. Baznas mengelola zakat sesuai Keputusan Presiden 8/2001. Baznas sudah berdiri di 509 daerah tingkat provinsi dan kab/kota.

Presiden RI Joko Widodo juga memberikan zakat profesi dan maal sebesar Rp40 juta. Saat bertemu baznas, Jokowi meminta pengumpulan zakat terus digelorakan. Jokowi rencananya memanggil semua menteri dan dirjen minggu ini ke istana untuk membayar zakat. "Ini presiden ingin buat tradisi baru, mudah-mudahan setiap tahun begitu," ujarnya.





Sumber: Pikiran Rakyat