Friday, 29 July 2016

Hebat, Petama dalam Sejarah, Pesawat Bertenaga Surya Sukses Selesaikan Penerbangan Pertamanya


PenaOne - Penerbangan keliling dunia pertama menggunakan pesawat bertenaga surya telah mendarat di Abu Dhabi setelah lepas landas pertamanya lebih dari setahun lalu dan menempuh jarak 25.000 mil.

Sejak Maret 2015, Swiss-engineered Solar Impulse 2 telah berhenti sebanyak 16 kali tanpa menggunakan setetes bahan bakarpun untuk mengkampanyekan penerbangan yang hemat energi, menyelamatkan sumber daya alam, dan meningkatkan kualitas hidup.

Kepala Solar Impulse dan pilot Betrand Piccard seperti dikutip di laman lonelyplanet.com mengatakan bahwa misi selanjutnya adalah terus memotivasi masyarakat, perusahaan, dan pemerintah untuk mengambil langkah serupa yang ramah lingkungan.

Pesawat ini memiliki 17.248 sel solar yang mengalirkan energi ke empat buah motor elektrik yang menggerakkan pesawat. Pada malam hari, pesawat memakai empat batrai lithium polymer. Sayap pesawat dapat melebar hingga 236 kaki untuk menangkap energi matahari.

Pilot pesawat telah mengalami sembilan bulan keterlambatan penerbangan setelah batrai pesawat rusak dalam perjalanan dari Jepang menuju Hawaii. Keterlambatan selama seminggu juga terjadi di Kairo menuju pemberhentian terakhir di Abu Dhabi dikarenakan cuaca buruk.

Solar Impulse 2 telah terbang lebih dari 500 jam, dengan kecepatan antara 28 dan 56mpH dan berhenti di Oman, India, Myanmar, China, Jepang, Amerika Serikat, Spanyol, Itali, Mesir, dan Uni Emirat Arab.