Saturday, 6 August 2016

Pesona Wisata Mandeh Pesisir Selatan Sumatera Barat



Pesisir Selatan, PenaOne - Mendengar wisata bahari yang paling populer di Indonesia maka Raja Ampat Papua adalah yang paling akrab di telinga kita, Raja Ampat Papua Barat yang menjadi daya tarik pengunjung bukan saja memiliki alam yang indah, namun juga mempunyai alam bawah laut yang sangat mempesona dengan satwa air yang terlengkap di dunia.

Sumatera Barat juga memiliki alam yang hampir mirip dengan Raja Ampat Papua, serupa tapi tidak sama tepatnya di Kabupaten Sesisir Selatan terdapat wisata bahari yakni Wisata Mandeh. Di Kawasan Wisata Mandeh sangat cocok juga untuk kegiatan bahari seperti snorkling, diving, camping, memancing, sky air dan kegiatan lainnya.

Seiring mendunianya wisata bahari Raja Ampat di Papua maka kawasan wisata Mandeh perlahan juga ikut terangkat. Semenjak mulai seriusnya Pemerintahan Pesisir Selatan untuk menjadikan kawasan Mande sebagai tujuan wisata bahari lambat laun mulai dikenal oleh masyarakat nasional maupun dunia. Apalagi mulai tahun 2004 kawasan Mande sudah masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Bunaken dan Biak.
Jika berkunjung ke Kawasan mandeh bisa di tempuh dengan jalur darat selama 1,5-2 jam dari kota Padang karena jarak dari Kota Padang ke ke Painan, Pesisir Selatan cukup dekat lebih kurang 80 km. Di kawasan wisata mandeh anda dapat menjumpai Teluk Carocok Tarusan, teluk Carocok mempunyai pemandangan alam yang memukau setiap pasang mata yang memandang, berhawa sejuk serta mempunyai ombak yang tenang. Di teluk ini terdapat pulau-pulau kecil di antaranya Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Seronjong dan yang paling terkenal yakni Pulau Cubadak di karenakan sudah terlebih dahulu dikelola oleh investor asing dari Italia.

Serupa dengan Raja Ampat, kawasan wisata mandeh juga dikeliligi oleh pulau-pulau kecil diantaranya Pulau Pagang, Pulau Ular, Pulau Marak, Pulau Bintangor dan puluhan pulau kecil lainnya. Kawasan Mandeh terdapat 3 nagari, dari 3 nagari itu terdapat 7 kampung yang mana termasuk dalam perkembangan wisata, diantaranya Kampung Mudiak Air, Kampung Simpang Carocok, Kampung Pulau Karam, Kampung Teluk Raya, Kampung Sungai Pinang, Kampung Sungai Tawar dan Kampung Sungai Nyalo.
Dengan transportasi yang murah dan lokasi yang mudah dijangkau anda bisa menikmati pesona alam yang ada di Pesisir Selatan ini, keindahan kawasan wisata mandeh pesisir selatan kurang lengkap bila kita hanya memandangi dari pingiran pantai saja tampa naik ke Puncak Mandeh. 

Dari puncak Mande akan terlihat pemandangan nan eksotis, birunya lautan yang mengelilingi pantai, pulau- pulau kecil yang hampir mirip dengan Raja Ampat Papua, serta bangkai kapal Belanda bernama Boelongan yang karam di masa penjajahan dahulu.