Thursday, 7 July 2016

Trik Mengatasi Kelangkaan BBM Saat Mudik



PenaOne - Perjalanan mudik lebaran terkadang memaksa pengendara untuk menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) di luar kebiasaan. Penyebaran BBM yang tidak merata di jalur mudik menjadi alasan pengendara terpaksa beralih mengunakan BBM dengan kadar oktan rendah yang tidak biasa digunakan sebelumnya.

Mobil keluaran terbaru dan berteknologi tinggi lazimnya mengkonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Research Octane Number (RON) di atas 90 dalam hal ini Pertamak dengan RON 92.

Namun bagaimana jika kita tidak menemukan terpaksa mengisi bahan bakar di bawah angka tersebut, misalnya bensin atau pertalite?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengatakan jika harus mengisi bensin premium tidak akan jadi masalah. Pasalnya premium aman untuk digunakan. Namun segera kembali mengisi dengan bahan bakar seperti biasanya begitu mendapatkan pasokannya.

Dia menjelaskan pengemudi bisa mengisi bensin premium jangan sampai penuh, seperempat atau setengah saja. Begitu mendapatkan Pertamax atau lainnya maka segera diisi lagi. Pemilik mobil tidak harus menunggu bensin Premiumnya habis dulu baru diisi Pertamax.