Saturday, 9 July 2016

Usai Lebaran Jakarta Didatangi Warga Baru dari Daerah


Jakarta, PenaOne - Perpindahan masyarakat dari desa ke kota saat arus balik Lebaran diprediksi masih terus berlanjut. Suatu penelitian beberapa tahun yang lalu menyatakan, usai lebaran penduduk DKI Jakarta bertambah 100.000 warga baru.

"Walaupun era desentralisasi telah diimplementasikan, akan tetapi pusat pertumbuhan ekonomi masih terkonsentrasi di kota-kota besar," ujar ahli sosiologi, Nia Elvina, Sabtu (9/7).

Menurut Nia, hal ini disebabkan belum meratanya pembangunan dipedesaan, sehingga desentralisasi belum bisa meningkatkan pembangunan di daerah-daerah.

"Dibutuhkan kebijakan-kebijakan dari pemerintah kota, pemerintah daerah maupun DPRD yang lebih konstruktif untuk mempercepat pembangunan pedesaan," ujarnya.

Selanjutnya Nia mengatakan, jika pedesaan mengalami kemajuan tentunya urbanisasi akan berkurang. Masyarakat tidak akan ingin ke kota karena di pedesaan lapangan pekerjaan telah tersedia.

Walaupun membutuhkan waktu yang panjang, kebijakan tersebut bisa dilaksanakan dengan optimal, mengingat urbanisasi menyebabkan beban sosial baru bagi kota.

Apalagi masyarakat yang melakukan urbanisasi tidak dibekali pendidikan dan keahlian yang bisa diandalkan, sehingga berpotensi bertambahnya pengangguran di kota-kota.