Wednesday, 31 August 2016

Tak Kunjung di Implementasikan, YARA Judicial Riview Qanun Aceh


Banda Aceh, PenaOne - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengajukan Judicial Riview (JR) Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Bendera Bulan Bintang dan Lambang Aceh ke Mahkamah Konsitusi (MK) melalui Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh.

Direktur YARA Safaruddin SH menyebutkan, gugatan tersebut didaftarkan pada hari ini, Selasa, (30/8/2016) di Pengadilan Negeri, Banda Aceh.

"Kami meminta pada MK agar merubah materi desain bendera dan lambang Aceh sesuai dengan aspirasi masyarakat Aceh, 'ujar Safaruddin dalam siaran persnya yang diterima PenaOne.com.

Sejak disahkan pada tahun 2013 lalu, Qanun tentang Lambang dan Bendera Aceh memang menuai kontroversi di bumi serambi Mekkah.

Lebih lanjut menambahkan, banyak yang mendukung, tapi tak sedikit juga yang menolaknya. Penolakan bahkan sering dilakukan lewat serangkaian aksi turun ke jalan, 'sebut Safaruddin.

Qanun Aceh tersebut, dianggap tak sejalan dengan keinginan seluruh rakyat Aceh bahkan di tingkat pusat juga diketahui qanun ini belum mendapat persetujuan karena sering dianggap masih bernuansa Separatis di Aceh, 'terang Safaruddin.

Penulis: Muhammad Abubakar