Tuesday, 2 August 2016

Ternyata ini yang Menyebabkan Banjir di Kota Padang


Padang, PenaOne - Wakil Walikota Padang H. Emzalmi mengakui penyebab banjir di beberapa kawasan di Lubuk Begaluang, Kota Padang, selain masih buruknya drainase juga karena terjadi pendangkalan di beberapa sungai. Ditambah lagi rusaknya bendungan yang ada di Batu Kasek sehingga menyebabkan limpahan air ke pemukiman.

“Bendungan Batu Kasek rusak. Pada waktu hujan air sungai melimpah sehingga menyebabkan beberapa kawasan perumahan menjadi tergenang air,” kata Emzalmi, Selasa (2/8) saat meninjau beberapa lokasi di Lubuk Begaluang yang sempat direndam banjir petang kemarin.

Dalam tinjauan tersebut, Emzalmi mendapati saluran-saluran air yang tidak terpelihara. Bahkan, ada warga yang mememlihara ikan di sungai dengan membuat pembatas berupa bronjong. Hal itu juga memicu pendangkalan.

“Bendungan Sungai Batu Kasek perlu dibenahi. Langkah pertama memasang pintu air. Kemudian mengusulkan ke Balai Sungai Wilayah V untuk pembangunan bendungan yang permanen dan lebih standar, katanya.

Dia menambahkan, tahun ini Balai Sungai tengah meyusun masterplan drainase Kota Padang. “Diharapkan dapat selesai secepatnya sehingga benar-benar dapat menuntaskan persoalan banjir di Kota Padang,” tutupnya.



Sumber: Padangmedia