Monday, 31 October 2016

Efendi Sianipar Enggan Berkomentar Soal Pembunuhan Jhony Sembiring


Jakarta, PenaOne - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) periode 2014-2019 Efendi Sianipar sampai kini belum bersedia memberikan komentar terkait kematian misterius yang dialami Jhony Farel Sembiring tahun 1994 lalu.

Efendi Sianipar yang dihubungi redaksi PenaOne.com melalui kedua nomor pribadinya sampai berita ini diturunkan tidak merespon. Bahkan, redaksi mencoba mengirimkan pesan singkat (sms) dan WhatsApp namun tidak juga mendapatkan balasan.

Efendi Sianipar diduga mengetahui siapa pelaku dan dalang atas kematian Jhony Sembiring yang mayatnya ditemukan di Desa Simarasa, Kecamatan Cisaru, Bogor, Jawa Barat.

Karena, pembunuhan Jhony diduga kuat berkaitan dengan surat kuasa yang diberikan Efendi Sianipar yang saat itu duduk sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Takagama.

Kala itu, Efendi Sianipar yang tercatat berdomisili di Jalan Mundo I/I Pulo Asem, Jakarta Timur memberikan surat kuasa kepada Jhony untuk menagih kewajiban Efendi saat ia menjadi kontraktor membangun Perumahan Aneka Elok, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Keterangan yang dihimpun redaksi menyebutkan, seminggu sebelum terjadinya kasus pembunuhan itu almarhum Jhony mengaku ditelepon oleh seseorang yang mengaku berpangkat Jenderal.

Dalam telepon itu Jhony mengaku diintimidasi. Lantas, dia (Jhony-red) menceritakan intimidasi tersebut kepada Andar Situmorang, Efendi Sianipar dan teman-teman lainnya.

Sehari sebelum mayat Jhony ditemukan dalam keadaan mengenaskan di Bogor, Jawa Barat. Jhony dan supirnya sore itu sedang berada di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat.

Kemudian, Jhony didatangi oleh beberapa orang. Lantas, Jhony dan supirnya dipaksa masuk kedalam mobil.

Sehari setelah kejadian itu, tubuh Jhony ditemukan tewas dalam keadaan mengenaskan di Bogor, Jawa Barat.

Yang menjadi catatan terpenting saat ini adalah Kepolisian harus bisa menangkap pelaku dan aktor pembunuh Jhony F Sembiring. Serta, aparat bisa mengungkap motivasi dibalik kematian Jhony Farel Sembiring.



Penulis: Witanto