Monday, 28 November 2016

Peran Kemenpora Minim, SSB Endang Witarsa Datangi Gedung DPR


Jakarta, PenaOne - Puluhan pengurus dan anak didik Sekolah Sepak Bola (SSB) Endang Witarsa atau Endang Witarsa Soccer Shool mendatangi gedung DPR. Kedatangan mereka bukan tanpa alasan. Mereka ingin mengadu ke DPR RI, karena peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) yang dipimpim Imam Nachrowi belum secara maksimal melakukan pembinaan terhadap sepak bola terutama usia dini.

Semestinya rombangan tersebut akan bertemu Wakil Ketua Komisi X DPR RI Utut Adianto Wahyuhidayat. Namun, Utut mendadak ada acara. Lantas, rombongan itu diterima oleh Ketua Badan Pemberdayaan dan Ekonomi Kerakyatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Effendy Sianipar.

"Kami merasakan saat ini peran Kemenpora masih sangat minim terhadap sepak bola terutama usia dini. Sepak bola kita dulu sangat disegani di Asean. Tapi sekarang tidak sama sekali," kata Pelatih Kepala SSB Endang Witarsa Jan Somar kepada Effendy Sianipar diruang kerjanya lantai 6 gedung Nusantara I komplek DPR/MPR/DPD Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Lebih lanjut putra kelahiran Merauke ini menjelaskan, saat ini sepak bola sudah menjadi salah satu alat pemersatu bangsa. Seyogyanya pemerintah melakukan pembinaan sepak bola terutama usia dini. Karena, anak-anak ini merupakan aset bangsa kita kedepan.

"Pemerintah harusnya melakukan pembinaan sepak bola sejak dini. Jangan ujug-ujug nanti pemerintah "mengklaim" jika pemain sepak bola kita sudah berprestasi adalah buah karya mereja. Padahal, keringat pemerintah sama sekali tidak ada," jelasnya.

Menanggapi keluhan Jan Somar  tersebut Effendy berjanji akan memberikan solusi terbaik kedepannya.

"Memang peran pemerintah saat ini sangat kurang terhadap pembinaan sepak bola usia dini. Tentunya peran swasta sangat dibutuhkan untuk menjadi bapak asuh bagi anak-anak ini kedepan," jelas Effendy.

Effendy menegaskan, akan mencarikan dana untuk SSB Endang Witarsa kedepan. "Saya akan bantu mencarikan dana dari perusahaan-perusahaan swasta. Setiap perusahaan tentunya punya dana Corporate Social Responsilbilty (CSR). Sisihkanlah dana CSR itu untuk perkembangan SSB Endang Witarsa," ungkap Effendy Sianipar yang kini duduk di Komisi IV DPR RI itu.

Dalam rombongan tersebut tampak hadir Sekretaris SSB Endang Witarsa Putri Wijaya, Bendahara Ritaman Saragih, Koordinator Pengembangan SDM siswa usia 17 tahun Suherman. Terlihat juga, siswa didik SSB Endang Witarsa usia dini diantaranya Christoper (11), M Abimanyu Ramadhan (9) dan M Ahnaf Pandita (6) serta sejumlah siswa usia 17 tahun.


Penulis: Witanto