Wednesday, 21 December 2016

3 Izin Trayek Bus Dicabut



Jakarta, PenaOne - Tiiga izin trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari dua perusahaan otobus (PO) dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Tindakan tersebut diambil untuk untuk mempercepat proses operasional Terminal Pulo Gebang yang akan segera diresmikan dan memastikan keselamatan penumpang bus AKAP.

"Bus ini sering ngetem di terminal bayangan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto, Selasa (20/12/2016)

Dikatakannya, proses penertiban ini untuk mendukung beroperasinya Terminal Pulo Gebang secara sempurna.

Dari hasil penertiban tersebut, 3 (tiga) bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dicabut ijin trayeknya."Dari hasil evaluasi kami dan setelah kami klarifikasi, terdapat 3 bus AKAP dari 2 (dua) PO yang kami cabut ijin trayeknya," ujar Pudji.

Ia berharap, penindakan tegas tersebut bisa menjadi pelajaran bagi PO-PO lain agar tidak melakukan pelanggaran. Apalagi, jika menyangkut keselamatan penumpang.

Selain 2 PO yang dicabut juga terdapat 62 PO lain yang melakukan pelanggaran. Terhadap PO-PO tersebut telah di ambil tindakan tegas berupa peringatan.

"Terhadap PO-PO yang telah mendapatkan peringatan, kami sampaikan agar berhati-hati tidak melakukan pelanggaran lagi," kata dia.


Penulis: Dwitanto