Monday, 26 December 2016

Habib Rizieq Resmi Dipolisikan



Jakarta, PenaOne - Imam Besar Front Penmbeka Islam (FPI) Habib Rizieq resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Pimpinan Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI).

Pelaporan Rizieq ini terkait ceramaahnya saat menghadiri sebuah acara di Pondok Kelapa, Jakarta Timur Minggu (25/12/2016) yang bertepatan dengan hari Natal.

Ceramaah Rizieq yang beredar di media sosial itu menjadi dasar PMKRI ke Polda Metro Jaya karena dianggap menistakan agama Kristen.

"Kami melaporkan Habib Rizieq, Fauzi Ahmad, dan Saya Reza terkait penistaan agama," kata Ketua Umum PP PMKRI Angelo Wake Kako kepada wartawan Polda Metro Jaya, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin (26/12/2016).

Dalam laporan polisi PP PMKRI bernomor TBL/6344/XII/2016/PMJ/Ditreskrimsus tercantum 3 nama yang dilaporkan yakni: Habib Rizieq, akun Instagram @fauzi_ahmad_fiiqolby, dan akun Twitter @SayaReya.

"Ketiga orang ini saya laporkan karena penistaan agama melalui media elektronik dengan Pasal 156 dan 156a KUHP serta UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Barang bukti yang dilampirkan adalah softcopy video," ujarnya.

Dalam video yang berdurasi 21 detik itu, Rizieq tampak tengah berbicara di depan massa. Dia membahas mengenai ucapan selamat Natal.

"Pada ceramah beliau di Pondok Kelapa pada tanggal 25 kemarin yang menyatakan bahwa 'Kalau tuhan itu beranak, terus bidannya siapa?' dan di situ kita temukan banyak gelak tawa dari jemaat terhadap apa yang disampaikan dari Habib Rizieq tersebut. Jujur sebagai Ketua Umum PP-PMKRI, kami merasa terhina, merasa tersakiti dengan ucapan yang disampaikan oleh Saudara Habib Rizieq Shihab ini," demikian Angelo.


Penulis: Dwitanto