Tuesday, 27 December 2016

Majelis Taklim Nagari Taluk Santuni Yatim Piatu



Tanah Datar, PenaOne - Pengurus dan anggota Majelis Ta'lim Nagari Taluk Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Tanah Datar mengadakan silaturrahmi, sekaligus memberikan santunan bagi anak-anak kurang mampu dengan berbagai perlengkapan sekolah dan melaksanakan khitanan masal, kemarin di Kantor Wali Nagari Taluk Kecamatan Lintau Buo.

Syukuran yang berlangsung khidmad tersebut dihadiri oleh semua anggota Majelis Taklim dan perantau dari berbagai daerah. Saat ini majelis taklim nagari Taluak sudah memiliki anggota sebanyak 414 jamaah yang terbagi ke dalam 12 kelompok. Silaturrahmi sekaligus syukuran yang ke-18 ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik gambus serta potong sapi.

Ketua Majelis Taklim Nagari Taluak Drs. H Alius jelaskan berdirinya majelis taklim ini adalah dengan tujuan kemaslahatan umat dan juga untuk tujuan sosial kemasyarakatan, seperti menyalurkan infaq, sedekah, zakat dan kegiatan lainnya seperti yang dilaksanakan hari ini, kegiatan pemberian santunan bagi anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu dan juga sunatan masal.

Kali ini kita memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada anak kurang mampu dan yatim piatu sebanyak 48 orang dan laksanakan sunatan masal sebanyak 59 anak.

Dana untuk kegiatan ini dikumpulkan jamaah melalui sumbangan anggota majelis taklim, jamaah sholat idul fitri dan idul adha, donatur perantau dari berbagai daerah, pemakaian inventaris majelis taklim, jasa SPP Majelis Taklim, donatur dikampung, wakaf jamaah yasinan, kotak celengan masjid, dan kotak amal di toko-toko jelas Alius.

Selain pemberian santunan yang dilaksanakan saat ini, biasanya santunan kepada keluarga kurang mampu dan yatim piatu diberikan pada saat buka bersama di bulan Ramadhan dan pada saat awal tahun ajaran, ujarnya seperti di kutip situs resmi tanahdatar.go.id, Selasa (27/12/2016).

Tokoh perantau H. Khailani yang hadir pada saat acara tersebut sampaikan rasa syukur dan bangga karena dapat berbagi dengan masyarakat di kampung halaman. Ia berharap kepada anak-anak yang mendapatkan santunan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kedepan semakin rajin sholat dan baca Alquran, rajin belajar kejar prestasi, pesannya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang menghadiri silaturrahmi dan syukuran tersebut, berikan apreseasi dan rasa syukur atas kepedulian majelis taklim dan perantau yang telah peduli terhadap anak yatim piatu dan keluarga kurang mampu.

Menurut Irdinansyah peran perantau sangat penting terhadap kampung halaman, seperti pada kegiatan yang dilaksanakan ini, pemerintah daerah tidak akan seluruhnya mampu menangani setiap persoalan di masyarakat, jadi perhatian dan uluran tangan perantau sangat kita nantikan jelasnya.

Kedepan pemerintah daerah tetap komit terhadap kualitas pendidikan, tidak ada istilah anak tanah datar putus sekolah, gara-gara tidak ada biaya, ini akan kita upayakan dengan berbagai cara, pungkas Irdinansyah.

Tahun 2017 kita tetap akan pertahanan predikat pengelola pendidikan terbaik di Sumatera Barat, mari tingkatkan terus semangat gotong royong, jalin komunikasi yang harmonis dengan perantau, sehingga Tanah Datar kedepan akan lebih baik lagi.