Tuesday, 20 December 2016

PDIP Bina 100 Warteg di Jakarta dan Riau

⁠⁠⁠Effendy Sianipar Ketua Badan Pemberdayaan dan Ekonomi Kerakyatan PDIP.

Jakarta, PenaOne - Sebagai bentuk kepedulian Partai Demokarasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terhadap wong culik rupanya diwujudkan dalam berbagai hal.

Awal tahun 2017 mendatang partai berlambang moncong putih ini akan memberikan bantuan kepada 100 orang pemilik Warung Tegal alias Warteg.

Partai yang digawangi Megawati Soekarnoputri ini sedikitnya akan memberikan pelatihan dan bantuan terhadap 100 Warteg yang ada di DKI Jakarta dan Riau.

"Awal Januari nanti kita akan membina 100 Warteg. Di Jakarta 50 Warteg dan Riau 50 Warteg," kata Ketua Badan Pemberdayaan dan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) DDP PDIP Effendy Sianipar di gedung DPR, Senin (19/13/2016).

Pembinaan Warteg ini menurut Effendy, sebegai bentuk kecintaan partai terhadap wong cilik. "Dari wong cilik untuk wong cilik," katanya.

Setiap Warteg lanjut Effendy, akan di berikan bantuan berbentuk beras, telur, sayur, piring, sendok, panci, penggorengan dan peralatan warteg lainnya dengan catatan usahanya itu sudah berjalan.

"Kita sengaja tidak memberikan uang  kepada mereka. Namun, mereka kita bina dan kita berikan bantuan dalam bentuk barang. Kalau ditaksir satu pemilik Warteg memperoleh sekitar Rp5jt," ujar Effendy yang kini duduk di komisi IV DPR RI ini.

Ditanya kenapa memilih Jakarta dan Riau untuk membina Warteg Effendy menjawab diplomatis

"Saya kan berdomisili di Jakarta. Kebetulan saya duduk sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I yang meliputi Kab. Bengkalis, Kab. Kepulauan Meranti, Kab. Rokan Hilir, Kab. Rokan Hulu, Kab. Siak, Kota Dumai dan Kota Pakan baru," ungkapnya.

Nantinya, program ini menurut Effendy akan di lanjutkan ke seluruh pelosok di Indonesia.

"Mudah-mudahan program ini akan diikuti oleh kawan-kawan di PDIP dari dapil mereka masing-masing. Terserah mereka akan membina pedagang dalam bentuk Warteg atau apa," demikian Effendy Sianipar menjelaskan.