Tuesday, 27 December 2016

Salak Sleman Pecahkan 3 Rekor Muri


Sleman, PenaOne - Wakil Bupati Sleman memberikan sambutan dan membuka secara resmi Festival salak pondoh dan festival Jamu Gendong, lapangan Denggung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, MKes memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Sleman, khususnya kelompok petani dan tim kreatifnya, dalam upaya untuk memecahkan 3 record Muri pada hari ini yaitu replika elang jawa setinggi enam meter dengan sayap sepanjang 10 meter yang dibuat dari satu ton buah salak; dan 70 pelepah daun salak untuk sayapnya.

Dalam kesempatan ini, panitia juga salak gratis yang dibagikan untuk 2.000 hingga 3.000 orang peserta. Disamping itu panitia juga membagikan tiga sampai tiga setengah ton salak standar ekspor untuk dibagikan ke masyarakat. Acara diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Paguyuban Salak Sleman dan dilanjutkan dengan ritual jamasan peralatan pertanian serta pemotongan tumpeng oleh Sesepuh petani Salak Pondoh Sleman H. Musrin yang diserahkan kepada Wakil Bupati Sleman.

Untuk memeriahkan acara diseputaran lapangan Denggung juga diadakan bazar salak pondoh serta aneka produknya serta basar UMKM Sleman.

Seperti dikutip slemankab.go.id, Selasa (27/12/2016) Wakil Bupati merasa optimis, dengan sejarah yang dibuat oleh kelompok petani salak dan tim kreatifnya pada hari ini akan semakin meneguhkan bahwa masyarakat sleman siap untuk bersaing dalam kancah persaingan global serta meyakinkan masyarakat nasional maupun internasional bahwa Sleman siap menerima kunjungan wisatawan dengan berbagai potensi yang kita miliki.

Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati selanjutnya menyaksikan penampilan marching thek band dari Sentul Sidoagung Sleman yang beranggotakan 70 orang.