Friday, 27 January 2017

Final Piala Presiden 2017 Bakal Digelar di Pakansari

Jakarta,  PenaOne - Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Jawa Barat kembali akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar pertandingan sepak bola di Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menyatakan partai final Piala Presiden 2017 akan digelar di stadion yang menjadi kandang Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2016 tersebut. Adapun partai final direncanakan bakal digelar antara 12 hingga 19 - 24 Maret nanti.

Turnamen yang menjadi ajang pramusim kompetisi sepak bola Indonesia itu rencananya dimulai pada 4 Februari mendatang. Duel antara Persipura Jayapura dan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi laga pembuka.

"Di Piala Presiden 2017 ini, lapangan yang dipakai ada di lima daerah yaitu Sleman, Bali, Madura, Bandung, dan Malang. Final kami tarik di Stadion Pakansari," kata  Edy di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Secara terpisah, Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Hanif Thamrin, mengatakan pertimbangan laga final digelar di sana karena Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masih direnovasi untuk Asian Games 2018.

Selain itu, lanjutnya, PSSI pun ingin menggelar partai puncak itu di sekitar Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. "Diharapkan Presiden (Republik Indonesia, Joko Widodo) bisa menutup (Piala Presiden 2017) juga," ucap Hanif seperti dikutip CNN Indonesia.

Turnamen Piala Presiden 2017 diikuti 20 tim yang terdiri atas 18 tim peserta kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, dan dua tim dari divisi utama. Para tim peserta itu dibagi ke dalam lima grup.

Juara di turnamen pramusim ini akan mendapat hadiah senilai Rp3 miliar, peringkat kedua Rp1 miliar, peringkat ketiga Rp500 juta.