Friday, 20 January 2017

Luis Milla Resmi Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Jakarta, PenaOne - Pelatih asal Spanyol, Luis Milla Aspas, resmi menjadi pelatih timnas Indonesia. Namanya diumumkan PSSI sebagai pelatih anyar, Jumat (20/1), sekaligus menggantikan Alfred Riedl.

Itu setelah masuk daftar kandidat bersama Luis Fernandez, eks pemain Paris Saint Germain, RC Paris, dan Cannes yang pernah melatih Cannes, PSG, Espanyol, Al Rayyan, Beitar Jerusalem, Betis, Reim, Israel, dan Guniea.

Luis Milla merupakan pelatih berusia 50 tahun dan mantan pemain yang pernah memperkuat Barcelona, Real Madrid, dan Valencia.

Sepanjang karier kepelatihan, ia pernah mengarsiteki Pucol, Getafe sebagai asisten, dan timnas Spanyol kelompok umur dari U-19, U-20, U-21, dan U-23. Luis Milla juga pernah menangani Al Jazira, Lugo, dan Zaragoza.

Pria kelahiran Teruel, Spanyol itu pernah membawa timnas U-21 Spanyol juara Mediterranean Games U-21 2011 dan Piala Eropa U-21 2009. Sementara di ajang Piala Eropa U-19 2010, ia mengantar timnas U-19 Spanyol runner-up.

Catatan baik yang ditorehkan bersama timnas kelompok umur Spanyol itu pula yang diperkirakan membuat PSSI tertarik padanya. Terlebih kandidat lain, Luis Fernandez sulit menjadi pelatih timnas Indonesia, salah satunya karena terikat dengan televisi Prancis dan punya program di televisi tersebut.

Luis Milla seperti dilaporkan dikotrak dengan durasi dua tahun. Ia akan diprioritaskan menangani timnas U-23 di SEA Games 2017, termasuk di Asian Games 2018.

“Saya percaya bisa membentuk tim yang bagus dan semoga bisa menularkan pengalaman di Eropa sehingga bisa mencapai sesuai yang diinginkan,” kata Luis Milla dikutip sportsatu.com.

Sebelum perkenalan pelatih timnas, tampak juga sosok Miguel Gandia, yang merupakan orang kepercayaan Luis Milla dalam melatih. Miguel Gandia merupakan pelatih fisik dan kebugaran dan belakangan mendamping Luis Milla di Lugo dan Zaragoza.

Miguel Gandia diperkirakan akan membantu tugas Luis Milla saat menangani timnas Indonesia.