Friday, 27 January 2017

Patrialis: Saya Tidak Terima Uang Sepeserpun dari Basuki

Jakarta, PenaOne - Tersangka kasus dugaan suap terkait uji materil UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan oleh KPK Patrailis Akbar menyebut jika dirinya tidak menerima uang suap dari Basuki Hariman seperti yang disangkakan padanya.

Menurut Patrialis, Basuki tidak memiliki kepentingan dalam memberi suap terhadap perkara yang sedang ditangani MK tersebut.

"Sekali lagi saya katakan saya tidak pernah terima uang satu rupiah pun dari orang yang namanya Basuki. Apalagi Basuki itu bukan orang yang berperkara di MK. Tidak ada kaitannya dia dengan perkara itu. Dia bukan pihak yang berperkara," jelasnya di gedung KPK, Kamis (26/1/2017) yang terlihat sudah mengenakan rompi orange bertanda jadi tahanan KPK ini.

Patrialis menambahkan jika dirinya tetap mencintai Mahkamah Konstitusi.

"Kepada MK, saya sayang sekali kepada. Insya Allah, Allah akan membela yang benar," ucap Patrialis.

Dalam  Operasi Tangkap Tangan (OTT), KPK mengamankan uang USD 20 ribu dan SGD 200 ribu dari tangan Patrialis.

Dikasus itu Patrialis dan Kamaludin dijerat dengan Pasal 12 huruf c atau Pasal 11 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Kemudian terhadap Basuki Hariman dan Feni, KPK mengenakan Pasal 6 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Dalam OTT itu KPK mengamankan 11 orang ditiga tempat berbeda. Patrialis ditangkap KPK di Grand Indonesia (GI) bersama teman wanitanya.