Monday, 16 January 2017

SSB Endang Witarsa "Gigit Jari"

SORE itu raut muka kekecawaan jelas terlihat dari siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Endang Witarsa saat mereka menyaksikan teman sebayanya memenangkan pertandingan Turnamen Sepak Bola Piala Fraksi PDI-Perjungan Cup I yang digelar di lapangan sepak bola Komplek DPR/DPD/MPR Senayan 14-15 Januari 2017.

Wajar, jika anak-anak yang masih berusia 5-12 tahun ini terlihat sedih. Apalagi saat mereka melihat teman-temannya yang berasal dari SSB lain menerima piala yang mereka idam-idamkan selama ini bisa diraihnya.

Sekitar pukul 14:16 WIB, 9 piala bagi pemenang turnamen sudah terjejer rapi dimeja panitia. Piala yang berwarna hitam dibagian bawah dipadu kuning keemasan itu membuat hati anak-anak dan orangtua SSB Endang Witarsa sedih.

Tapi, kesedihan anak-anak mereka tutupi dengan terus bermain-main dipinggir lapangan sepak bola yang tepat berada disisi belakang gedung bundar DPR itu.

Memang, dalam ajang turnamen kali ini anak asuh Jan Somar tersebut sama sekali tidak berhasil memenangkan satupun pertandingan yang dibagi dalam 3 kategori usia yakni 8, 10 dan 12 tahun.

Boleh dikatakan, SSB Endang Witarsa "Gigit Jari". Pulang dengan tangan kosong tanpa bisa memboyong piala satupun.

Tim yang di motori Satria Cs untuk kategori 10 tahun gagal total. Mereka harus rela tersungkur dihari pertama turnamen.

Untuk kategori usia 12 tahun SSB yang baru berdiri sekitar 1,5 tahun silam ini harus rela dikalahkan oleh SSB Ragunan dihari kedua pertandingan.

Berbeda dengan penampilan anak usia 10 dan 12 tahun. Justru atretik menarik ditunjukkan oleh tim Pandita Cs yang bertanding dikategori usia 8 tahun. Mereka nyaris tampil gemilang. Namun, langkah mereka untuk merebut juara ke III dalam ajang turnamen bergengsi ini pun harus terhenti saat jala gawang Hafis bisa di bobol oleh SSB Gelora Poetra di hari terakhir pertandingan.

Entah keberuntungan atau memang tim usia 8 tahun ini lebih solid. Yang jelas tim ini bisa menjadi juara ke IV. Memang, jauh dari prediksi sebelumnya. Kemenangan tim 8 tahun ini seharusnya menjadi cambuk untuk anak kategori usia 10 dan 12 tahun.

Kekalahan total bagi anak-anak yang biasa berlatih di lapangan Banteng, Jakarta Pusat ini harus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak. Mulai dari Manager Tim, Pelatih Kepala, Assinten Pelatih, orangtua maupun siswa SSB Endang Witarsa sendiri.

Memang kata-kata "Menang Kalah dalam Setiap Pertandingan adalah Hal Biasa". Tapi kata itu akan tersingkir dengan sendirinya jika kita berusaha dengan keras untuk menang.
Kendati turnamen piala Fraksi PDI-Perjuangan Cup I sudah ditutup secara resmi oleh Walmen Simanjutak dari PDI-Perjuangan didampingi Tessa Witarsa Abadi yang merupakan cucu pelatih sepak bola tertua didunia drg Endang Witarsa tapi akan ada turnamen serupa berikutnya.

Karena partai yang dikomandani Megawati Soekarnoputri berjanji akan menjadikan turnamen ini akan menjadi agenda tahunan.

Artinya, masih akan ada lagi turnamen selanjutnya. Semangat dan kekompakkan tim anak-anak saat bertanding harus terus dibina. Tentunya, kita semua berharap dihari mendatang bisa merebut kemenangan itu.

Jangan biarkan SSB lain menggondol piala pertandingan. Apalagi saat mereka bertanding dikandang kita sendiri.

Berikut ini daftar pemenang pertandingan Turnamen Sepak Bola Piala Piala PDI-Perjungan Cup I yang digelar di lapangan sepak bola komplek DPR/DPD/MPR Senayan 14-15 Januari 2017.

Kategori usia 8 tahun:
1. SSB Pelita Jaya.
2. SSB Gala Prima.
3. SSB Gelora Putra.
4. SSB Endang Witarsa.

Kategori usia 10 tahun:
1. Ragunan Soccer School (SS).
2. SSB Pelita Jaya.
3. SSB KFC Angmor.

Kategori usia 12 tahun:

1. SSB Gema Persada.
2. SSB Ga Prima
3. SSB GMSB.
4. Ragunan Socer School (SS).

Penulis: Tim Redaksi