Friday, 3 February 2017

BAZ Sleman Kumpulkan Rp 250 juta Per Bulan

Sleman, PenaOne - Dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah dan penguatan kelembagaan ta’mir masjid di Kecamatan Sleman, Kantor Kecamatan Sleman bersinergi dengan KUA Sleman , desa se Kecamatan Sleman, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) , dan Baznas Kabupaten Sleman mengadakan Sosialisasi Pembinaan Keluarga Sakinah dan Penguatan Kelembagaan Ta’mir Masjid di Aula Kantor Desa Pandowoharjo, Sleman.

Kepala KUA Kec. Seman, Drs.H.Sukirman, MA. yang juga menjadi pemateri penguatan kelembagaan melalui takmir masjid dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di 5 desa se Kecamatan Sleman yaitu Caturharjo, Triharjo, Trimulyo, Tridadi, dan terakhir dilaksanakan di Desa Pandowoharjo.

Kegiatan tersebut melibatkan Badan Penasihatan dan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) tingkat Kecamatan diharapkan dapat mengantisipasi pernikahan dini, terwujudnya keluarga sakinah, terciptanya kebersihan masjid, serta terwujudnya masyarakat yang aman, adil, dan makmur.

“Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap takmir masjid dapat berkoordinasi dengan puskesmas, polsek, dan pihak terkait  dalam menyelesaikan masalah keluarga," jelas Sukirman seperti dikutip slemankab.go.id.

Sukirman menambahkan, saat ini Kecamatan sleman menjadi pelopor, membentuk UPZ dengan mengumpulkan dana lewat kotak infaq yang dipasang di desa-desa dan instansi terkait untuk disetorkan ke BAZNAS Kabupaten sebagai wujud pelaksanakan undang undang zakat terbaru.

Sementara itu  Ketua BAZNAZ Kabupaten Sleman Kriswanto menyampaikan bahwa zakat terkumpul di Kabupaten Sleman rata-rata perbulan mencapai Rp 250 juta.

Kriswanto berharap dengan adanya kegiatan ini dan pengurus baru yang akan dilantik dibulan Februari dapat meningkatkan perolehan zakat di Kabupaten Sleman kedepannya.

Sementara itu Camat Kecamatan Sleman  yang juga hadir dalam sosialisasi berharap dengan adanya sosialisasi tersebut mayarakat khususnya takmir masjid bisa mengoptimalkan kegiatan masjid untuk berkontribusi dalam mengantisipasi permasalahan umat, termasuk permasalahan sosial di masyarakat.

Acara  sosialisasii dilanjutkan dengan  penyerahan Kotak Infaq untuk UPZ, dari camat kpd kepala Desa yang diwakili oleh Sekdes Pandowoharjo dan diakhiri dengan pembentukan forum takmir masjid tingkat desa.