Wednesday, 22 February 2017

Firman Utina Gantikan Peran Evan Dimas

Surabaya, PenaOne - Bhayangkara FC terus memantapkan persiapan jelang bergulirnya babak 8 besar Piala Presiden 2017. Dalam latihan yang berlangsung di Lapangan Mapolda Jatim, Selasa (21/2/2017), pelatih Simon McMenemy terus mengotak-atik komposisi pemainnya.

Hanya, berbeda dengan kabar sebelumnya, Simon tampaknya tidak mempercayakan posisi Evan Dimas Darmono kepada Zulfiandi, melainkan Firman Utina.

Simon sejauh ini terus mengantisipasi bila Evan Dimas tidak bisa dimainkan saat duel perempat final melawan Semen Padang di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/2/2017).

Pasalnya, Evan dan tiga pemain muda Bhayangkara FC lainnya, yakni I Putu Gede Juni Antara, Muhammad Hargianto, dan Rully Desrian menjalani seleksi Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017 sejak Selasa (21/2/2016) hingga Kamis (23/2/2017).

Ketiadaan Evan dan tiga rekannya itu dalam latihan jelang babak 8 besar memunculkan pertimbangan akan ada pemain lain yang menggantikan Evan. Hal itu karena pemain yang ikut latihan rutin bersama tim, lebih terpantau sang pelatih.

Meski Simon tidk bersedia buka kartu mengenai pengganti Evan, jika melihat komposisi pemain dalam small set gameyang dibuat Simon pada latihan.

Namun, asisten pelatih Bhayangkara FC, Sumardji, mengungkapkan bila Evan Dimas masih punya kans dimainkan bila ternyata Firman Utina bermain kurang efektif.

Firman dengan Evan memang bertipikal hampir sama. Selain flamboyan, keduanya juga memiliki kemampuan yang sama dalam mengolah si kulit bundar. Bedanya, pengalaman eks kapten Timnas U-19 tersebut jauh di bawah Firman yang sudah malang-melintang di sepak bola Indonesia.

Simon mengungkapkan banyak opsi di pos yang ditinggalkan Evan. Selain Firman, masih ada Zulfiandi, dan Lee Yung-jun. Jika semua dalam kondisi fit, pelatih asal Skotlandia itu bingung menentukan siapa yang akan dipasang sebagai starter. "Karena semua pemain bagus," ujar Simon dikutip bola.com.

Itulah mengapa Simon belum bisa memastikan siapa di antara ketiga pemain ini yang memerankan tugas Evan di sektor gelandang serang. Rencanannya ia baru bisa memutuskan pengganti Evan pada menit-menit akhir sebelum laga di babak 8 besar.

Selain masalah teknis, Simon juga mengaku terus menyuntikkan motivasi pada anak buahnya. Simon yakin bila mental Wahyu Tri nugroho dkk. bagus,Bhayangkara FC bisa melaju ke semifinal Piala Presiden 2017.

"Memasuki babak krusial seperti ini, faktor mental sangat memengaruhi mental pemain bisa tampil baik atau tidak," katanya.