Thursday, 9 February 2017

Hari Pers, Panglima TNI: Sampaikan Berita dengan Bahasa Santun

Jakarta, PenaOne - Insan Pers atau media merupakan sumber informasi dan pendidikan yang memiliki peran penting dan strategis dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada acara Gala Dinner Hari Pers Nasional 2017 dengan tema “Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut," bertempat di Islamic Centre, Kota Ambon, Rabu malam (8/2/2017).

Panglima mengatakan, Indonesia mempunyai peluang pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus dalam 10 tahun terakhir. Dimana tingkat kemiskinan terus menurun dan cadangan devisa Indonesia terus meningkat.

“Semuanya sangat mudah kalau dilakukan  bersama-sama, dan semuanya tergantung saudara-saudara Insan Pers dalam mempublikasikan di media massa," ucapnya dalam siaran pers yang diterima PenaOne.com dari Puspen TNI.

“Tidak bisa dipungkiri Insan Pers sebelum Indonesia  merdeka memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme merebut kemerdekaan. Peran Pers melalui pemberitaannya menyebarkan energi sosial diseluruh nusantara dengan sesantimerdeka atau mati,” tutur Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, pada masa pembangunan nasional dankondisi global sekarang ini, dikhawatirkan kompetisi global menjadi konspirasi global, itu sangat berbahaya.

“Nasionalisme dan patriotisme sangat diperlukan dalam menyatukan dan mempersatukan NKRI untuk menjaga kondisi dan jalannya roda perekonomian Indonesia,” tegasnya.

Menurut Panglima, media berperan dalam  menyadarkan masyarakat akan ancaman bangsa, jangan sampai terjadi lagi informasi yang disampaikan justru memperuncing dan menyebabkan perbedaan dan permusuhan.

“Berikan informasi yang sebenarnya dengan bahasa yang santun dan menyejukkan, karena ini yang dirindukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengajak masyarakat Maluku, khususnya  seluruh Insan Pers mewujudkan Indonesia sebagai bangsapemenang.

“Selamat berjuang para pahlawan ku Insan Pers,” pungkasnya.