Wednesday, 15 February 2017

Jalan Ponorogo-Pacitan Km 22 Aman Dilalui

Jatim, PenaOne - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Madiun Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyatakan kondisi jalan Ponorogo - Pacitan Km 222 Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Ponorogo dipastikan aman untuk dilalui kendaraan.

"Jalur Ponorogo-Pacitan ini sudah dilakukan perbaikan terus menerus oleh UPT Madiun dan Dinas PU Bina Marga Jatim. Saat ini bisa dilalui kendaraan dengan aman dan nyaman," ujar Kasi Pemeliharaan Jalan UPT Madiun, Marijatoel Kittijah dikonfirmasi di kantornya, Selasa (14/2/2017).

Ia menjelaskan, jalan Ponorogo - Pacitan sempat ambles pada awal Desember 2016 saat peristiwa gempa di daerah tersebut, banyak rumah dan tanah yang mengalami retak.

Setelah terjadi peristiwa tersebut UPT Bina Marga Madiun sudah melakukan perbaikan dan penanganan sampai empat kali pengerjaan.

 "Kita lakukan telford (susunan batu pecah berukuran besar 10/15 cm dan 15/20 cm, red) disusun berdiri dengan batu pecah yang lebih kecil mengisi rongga di atasnya, sehingga rata, kemudian dipadatkan atau digilas dengan mesin, kemudian ditabur pasir dan batu di seluruh permukaan untuk dibasahi," ujarnya dikutip jatimprov.go.id.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan secara maksimal agar jalur bisa terus dilalui dengan baik dan lancar tanpa adanya lubang dan keretakan jalan.

"Kami akan tempatkan petugas di jalur tersebut untuk memantau perkembangan jalan, dan kami mengimbau kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati - hati apabila melalui jalur tersebut," ujarnya.

Saat ini, pihaknya juga melakukan penanganan yang bersifat darurat sambil mengamati pergerakan tanah, yaitu dengan pengeprasan untuk daerah yang naik dan penimbunan daerah yang turun sedangkan untuk badan jalan menggunakan telford serta melakukan normalisasi air.

 “Koordinasi dengan dinas terus dilakukan terkait penyelidikan tanah, sehingga dapat memberikan saran penyeleseian agar masalah ini segera dapat teratasi," jelasnya.