Wednesday, 1 February 2017

Pengacara Ahok Bantah Akan Laporkan Ma'ruf Amin Ke Polisi

Jakarta, PenaOne - Kuasa hukum terdakwa dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Humphrey R Dejamat menegaskan tidak akan melaporkan Ketua MUI KH Ma'ruf Amin ke polisi.

Hal itu dikatakan tim advokasi Ahok yang tergabung dalam advokasi Bhinneka Tunggal Ika ini terkait maraknya pemberitaan jika Ahok ingin melaporkan KH Ma'ruf Amin ke polisi.

"Jadi tak mungkin kami mau melaporkan KH Ma'ruf Amin yang menjadi saksi karena menjelaskan soal Pendapat dan Sikap Keagamaan MUI. Komentar Pak Ahok tersebut (kemarin di persidangan-red) adalah komentar yang bersifat umum saja, dan tentu saja persoalan pelaporan saksi-saksi pelapor yang lalu telah diserahkan sepenuhnya kepada tim penasihat hukum beserta tim investigasinya," kata Humphrey dalam keterangan tertulis Rabu (1/2/2017).

Menurutnya, statement Pak Ahok yang mengatakan "... kami akan proses secara hukum saksi untuk membuktikan bahwa kami memiliki data yang sangat lengkap..." itu ditujukan kepada saksi-saksi pelapor pada persidangan yang lalu, dan bukan kepada KH Ma'ruf Amin.

"KH Ma'ruf Amin kan bukan saksi pelapor, sedangkan dilaporkan balik adalah Habib Muchsin dan Habib Novel, yang diduga mengeluarkan keterangan tidak benar di bawah sumpah," jelasnya.

Ia menilai, gencarnya pemberitaan bahwa seolah-olah Basuki akan melaporkan KH Ma'ruf Amin dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum MUI adalah menyesatkan.

"Kami menyayangkan adanya pihak-pihak yang memancing di air keruh memanfaatkan ucapan Basuki," katanya.