Monday, 6 February 2017

Ribuan Ruang Kelas di Karawang Rusak

Karawang, PenaOne - Ribuan ruang kelas Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang tersebar di berbagai daerah sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kerusakan.

"Sesuai survei terakhir di lapangan, memang ada ribuan ruangan sekolah yang rusak," kata Kepala Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Cece Saripudin di Karawang, Minggu.

Saat ini terdapat 241 ruang kelas sekolah dasar yang rusak sedang. Sedangkan ruang kelas sekolah dasar yang rusak berat mencapai 577 ruangan. Selain itu, perlu juga dibangun 406 ruang kelas baru di sekolah-sekolah sekitar Karawang.

Dari survei yang telah dilakukan, juga diketahui terdapat 226 gedung perpustakaan sekolah yang mengalami kerusakan serta 234 ruang guru rusak.

"Di tingkat sekolah dasar sekitar Karawang, 300 toilet guru dan 463 toilet khusus siswa kondisi memprihatinkan dan perlu perbaikan," kata dia seperti dikutip Antaranews.com.

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama di Karawang, terdapat 248 ruang kelas yang rusak sedang dan 250 ruangan yang mengalami rusak berat.

Ia mengatakan, data tentang sekolah rusak tersebut merupakan hasil survei terakhir yang telah dilakukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang.