Friday, 3 February 2017

Rp 55 Miliar Disiapkan Atasi Banjir Sampang

Jatim, PenaOne -  Pemprov Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Balai Besar Sungai Brantas menyiapkan dana Rp 55 miliar untuk mengatasi banjir akibat meluapnya Sungai Kemuning, di Kabupaten Sampang.

Dana tersebut antara lain untuk perbaikan tangkis dan pengangkatan sedimentasi. Adapun dana diambilkan dari APBN sebesar Rp 5 miliar dan APBD Provinsi Jatim Rp 50 miliar.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampir Wanto, melalui siaran persnya, Kamis (2/2) mengatakan, perbaikan akan dilakukan pada tahun 2017 ini, diawali dengan tender terlebih dahulu. Pelaksanaan perbaikan akan dilakukan setelah berakhirnya musim hujan.

"Bagi Kab. Sampang, mengatasi Sungai Kemuning merupakan kegiatan penting karena sungai ini penyebab seringnya banjir cukup parah di daerah tersebut," sebutnya.

Benny menjelaskan, penyebab seringnya banjir di Sampang tersebut karena sungai yang mengalami sedimentasi, banyaknya pemukiman di sekitar daerah aliran sungai, dan alur sungai yang semakin sempit. Selain itu, juga banyaknya anak sungai disana, yakni sebanyak 72 buah, serta geografis kota yang rendah.

"Oleh karena itu perbaikan sungai merupakan keharusan agar banjir tidak terjadi di Sampang," ujar Benny dikutip jatimprov.go.id.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jatim, Sudarmawan, siang tadi jalan yang menghubungkan antara Sampang bagian kota dengan Kecamatan Omben yang dilintasi jalan provinsi banjir, sehingga tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.