Friday, 17 February 2017

Salatiga, Partisipasi Pemilih Tertinggi di Jateng

Semarang, PenaOne - Tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 di tujuh kabupaten/ kota se-Jawa Tengah hingga Kamis (16/2) pukul 09.00 tercatat sebesar 64,67 persen.

Namun angka tersebut masih mungkin bertambah mengingat input data perolehan suara masih belum selesai sepenuhnya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Drs Joko Purnomi saat teleconverenceEvaliasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 dengan Menteri Dalam Negeri RI yang diwakili Kasubdit pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Heri Bintoro SH, dari Ruang Rapat Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur Jawa Tengah. Menurutnya, partisipasi tertinggi pada pilkada kali ini adalah di Kota Salatiga, dengan data sementara 82,80 persen. Sementara, terendah di Kabupaten Pati, di mana calonnya berhadapan dengan kotak kosong, yakni hanya 35,50 persen.

"Jumlah ini masih akan terus berkembang mengingat belum 100% suara yang dihitung. Untuk selanjutnya masyarakat dapat mengikuti perkembangan perhitungan suara melalui website resmi KPU di https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil," beber Joko seperti dikutip jatengprov.go.id.

Kepala Biro Pemerintahan Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Tengah, Heru Setiadhie SH MSi melaporkan, pelaksanaan pilkada di Jawa Tengah berjalan lancar, aman dan tertib. Hingga kinu belum ada laporan dugaan pelanggaran pemilu atau money politics.

Diakui, cuaca buruk dengan intensitas hujan yang tinggi sempat menjadi hambatan. Misalnya, 27 TPS di Kabupaten Pati terendam banjir pada hari H pemungutan suara. Namun berkat kesigapan aparat pemerintah dan panitia setempat, TPS dapat dipindahkan ke tempat yang lebih aman, dan proses pencoblosan surat suara dapat berjalan lancar.

"Hal itu sudah diantisipasi. Sehingga begitu terjadi banjir, TPS langsung dipindahkan," tandas Heru.