Thursday, 2 March 2017

DKI akan Beli Mesin CAS Rp 5,5 Miliar Per Unit


Jakarta, PenaOne - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membeli mesin penyimpanan atau controlled atmosphere storage (CAS). Mesin tersebut bisa digunakan untuk menyimpan sayuran dan buah segar guna menjaga kestabilan stok dan harga jual di masyarakat.

"Rencananya hari ini Food Station dan Pasar Jaya akan ke Kudus untuk melihat. Mesin ini bisa menampung puluhan ton dan mampu menyimpan hingga enam bulan," kata Saefullah, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Menurut Saefullah, rencananya akan ada dua unit mesin yang dibeli. Harga per unitnya yakni Rp 5,5 miliar.

Dengan adanya mesin tersebut, pada saat harga naik, komoditas tersebut dikeluarkan untuk menstabilkan harga. Pemprov DKI Jakarta sendiri juga mempunyai program untuk menjaga kestabilan seperti beras, daging ayam, daging sapi, cabai dan sebagainya

"Untuk kebutuhan beras di Jakarta dari hasil laporan Food Station tahun 2017 relatif aman. Kami juga meminta di rusun dilakukan pelatihan, agar mereka dapat pekerjaan," tandasnya dikutip berijakarta.

Mesin CAS memiliki teknologi menjaga komposisi CO2 lebih tinggi dibandingkan O2, dan dipertahankan tetap. Sehingga sayur dan buah bisa tetap segar dalam waktu lama.