Monday, 20 March 2017

DPR Ucapkan Selamat Terbentuknya IWO di Riau

Effendy Sianipar. foto-ist
Jakarta, PenaOne - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR- RI) dari Daerah Pemilihan (Dapil) provinsi Riau I Effendy Sianipar mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) di provinsi Riau periode 2017-2022 yang akan dilantik bulan April mendatang.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap dengan terbentuknya IWO di Riau bisa menjadi ajang silaturahmi sekaligus wadah semua wartawan tanpa terkecuali. Baik, media cetak, media online, televisi maupun radio.

"Secara pribadi dan mewakili masyarakat di Dapil Riau I saya mengucapkan selamat atas terbentuknya IWO. Mudah-mudahan IWO bisa menjadi wadah semua wartawan di Riau. Mengingat semua perusahaan Pers saat ini sudah mengembangkan bisnisnya di online," katanya pria yang kini diduduk di Komisi IV DPR RI ini Senin (20/3/2017).

Effendy berharap seluruh media yang tergabung di IWO Riau dibawah kepengurusan Ir H Rifa Yendi bisa menjalankan profesinya sebagai wartawan secara profesional yang taat dengan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Harus bisa menjadi wartawan yang handal dan profesional. Perbanyak pelatihan jurnalistik. Beritakan secara akurat dan cepat. Tentunya disertai data dan fakta yang terjadi dilapangan," ujarnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Riau dan seluruh stakeholdernya kata Effendy, bisa menjadikan IWO sebagai mitra kerja yang baik mengingat 50 media sudah tergabung disana.

"Tapi jangan mau dijadikan corong Pemda semata. Harus kritis dan menjadi kontrol sebagimana fungsi Pers. Jangan segan memberitakan kekurangan Pemda jika itu memang terjadi," terangnya.

Menurutnya, media yang tergabung di IWO juga harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan  Pemda setempat.

"Harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan Pemda setempat," demikian Effendy Sianipar yang bisa maju menjadi anggota DPR RI dari Dapil Riau I yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru ini menjelaskan.

Sebelumnya, Abidah CEO ranahriau.com di Pekanbaru mengatakan, sedikitnya 50 media online yang berada di provinsi Riau sudah tergabung dalam organisasi profesi IWO. Nama-nama pemilik media online di Riau pun turut menjadi pengurus IWO yang akan dilantik kurang dari 30 hari itu.

"Pemilik media online di Riau sangat antusias untuk membentuk IWO di Riau," katanya.

Disinggung siapa calon Ketua IWO Bidah sapaan akrab Abidah mengatakan, Ir H Rifa Yendi yang akan memimpin kami semua.

"Kami sudah sepakati pak Rifa Yendi untuk menjadi Ketua IWO provinsi Riau periode 2017-2022," pungkas Abidah.

Penulis: Dwitanto