Friday, 31 March 2017

RG 98 Nilai Aksi 313 untuk Jungkalkan Ahok dari Pilkada


Jakarta, PenaOne - Dewan Pengurus Nasional (DPN) Rumah Gerakan 98 menilai aksi 313 yang digelar hari ini merupakan gerakan untuk memenjarakan calon Gubernur DKI Jalarta BasukinTjahaya Purnama alias Ahok.

Gerakan ini merupakan gerakan yang berkelindan dengan tendensi untuk memenangkan Paslon Gubernur Anies Sandi-Sandiaga Uno dan mengalahkan Paslon Gubernur Basuki-Djarot di ajang Pilkada DKI.

"Ini jelas mencederai Pilkada sebagai institusi demokrasi," kata Ketua Umum DPN Rumah Gerakan 98 Bernard Ali Mumbang Haloho dan Sekretaris Jendral Sayed Junaidi Rizaldi dalam siaran pers yang diteriman Redaksi PenaOne.com Jumat (31/1/2017).

Sebagai pelembagaan demokrasi, sudah semestinya semua pihak, tidak terkecuali masing-masing tim sukses maupun para pendukung calon gubernur, menjaga situasi kondusif, agar rakyat Ibu Kota Jakarta yang sudah terdaftar sebagai pemilih bebas memilih paslon gubernur yang mereka yakini mampu membuat perubahan.

"Cara-cara fair, jujur dan adil itu praktis turut membangun persepsi publik, bahwa sang pemenang adalah benar-benar pilihan warga Ibu Kota Jakarta. Persepsi yang sama juga dapat terbentuk di kalangan tim sukses, dan para pendukung paslon gubernur yang kalah," ujarnya.

Ia meminta semua pihak menghentikan penggunaan agama untuk kepentingan politisasi Pilkada dalam format apapun, karena hal itu mencederai Pilkada sebagai institusi demokrasi.

Penulis: Dwitanto