Thursday, 2 March 2017

Indra Sjafri Seleksi Perdana Timnas U-19

Depok, PenaOne - Sebanyak 41 pemain mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 tahap pertama di lapangan National Youth Training Center, Bojongsari, Depok, Rabu (1/3/2017) sore. Pelatih Indra Sjafri memantau 41 pemain hasil pemantauan dari Piala Soeratin, PPLP, dan Akademi.

Indra mengatakan, dalam seleksi perdana ini dia ingin mencari pemain dengan tiga kriteria. Pertama, kemampuan individu (skill), kemudian taktik dan kecerdasan bermain, dan yang ketiga fisik. Pada sesi latihan pertama, Indra langsung memberikan menu latihan passing dalam sesi game internal.

"Untuk hari pertama anak-anak langsung berlatih passing, saya ingin melihat bagaimana mereka bermain dengan cara dan metode yang saya terapkan. Kemudian seleksi hari kedua langsung tes fisik pada pagi hari," kata Indra Sjafri seusai latihan.

Indra memang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim, sehingga ia membuat seleksi lebih efisien. Berbeda pada saat ia menangani Timnas U-19 2013, di mana ia memiliki banyak waktu untuk memantau secara langsung pemain di daerah.

"Kali ini PSSI memberdayakan Asprov untuk membantu kami menjaring pemain. Untuk tahap pertama ada pemain dari Piala Soeratin, PPLP, dan beberapa pemain Timnas U-19 yang lama," katanya dikutip bola.com.

Dalam melakukan penilaian, Indra sudah memiliki parameter yang jelas, berdasarkan tiga hal tadi, sehingga dalam waktu empat hari dia sudah bisa memutuskan siapa saja yang lolos seleksi.

"Kami akan maksimalkan waktu empat hari kedepan. Soal jumlah yang lulus saya tidak menarget, tergantung hasil seleksi. Kalau kalau memang hanya 10 orang yang lulus tidak ada masalah," jelas Indra.

Sementara, jumlah pemain yang mengikuti seleksi pertama Timnas Indonesia U-19bertambah satu orang, yakni di posisi kiper. Pemain yang dipanggil adalah kiper asal Semarang, Gianluca Pagliuca Rossy.