Thursday, 9 March 2017

Ingin Cepat Hamil? Lakukan 5 Persiapan Fisik Ini

Ilustrasi
Jakarta, PenaOne - Saat Anda sedang mencoba hamil, ada banyak faktor penentu kesuksesan yang tidak dapat Anda kendalikan, mulai dari waktu ovulasi, tingkat kesuburan, hingga usia.

Namun, jangan terlanjur pundung berkecil hati. Ada banyak jalan menuju Roma, katanya.

Begitu pula dengan jalan menuju kehamilan yang sukses. Anda masih bisa cepat hamil dengan menempuh sejumlah persiapan fisik penting sebelum mulai mencoba hamil. Baca terus untuk cari tahu lebih lengkapnya.

Mempersiapkan fisik calon ibu demi cepat hamil

Paling tidak tiga minggu sebelum Anda mencoba hamil, lakukan beberapa tips berikut untuk mempersiapkan tubuh Anda menjelang kehamilan.

Jika Anda sedang mencoba hamil, menjaga kondisi tubuh sebugar mungkin akan membantu prosesnya. Selain membantu meningkatkan kesuburan, tubuh yang sehat akan menjadi tempat yang baik bagi janin Anda untuk berkembang. Berikut ini tips yang dikutip hellosehat.com.

1. Menjaga berat badan

Memiliki indeks massa tubuh yang normal tidak hanya merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh Anda, namun juga merupakan kunci untuk cepat hamil. Kekurangan atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko Anda mengalami masalah kesuburan.

Indeks massa tubuh yang kurang dari 18.5 masuk dalam rentang “sangat kurus”. Di ujung berseberangan, rentang indeks massa tubuh di atas 30 poin tergolong obesitas. Keduanya biasanya dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan sulit ovulasi.

Jika Anda mengalami berat badan berlebih atau kurang saat mencoba hamil, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda.

2. Menjaga asupan nutrisi

Menjaga berat badan memang penting, namun Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Pola makan seimbang yang terdiri dari buah, sayur, protein, biji-bijian, dan produk susu akan meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi Anda.

The American Pregnancy Association juga menganjurkan untuk mengonsumsi beberapa zat gizi berikut jika Anda ingin cepat hamil:

Asam folat: Wanita usia subur harus mengonsumsi 400mcg asam folat per hari. Vitamin ini dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau gelap, jeruk, kacang polong, serta sereal dan roti yang telah difortifikasi.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat. Kalsium: Wanita usia reproduksi dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari yang dapat diperoleh dari susu rendah lemak, yogurt, sayuran hijau gelap, dan tahu.Vitamin prenatal: Anda dapat mencoba berbagai produk vitamin prenatal untuk mengetahui mana yang paling cocok dengan Anda. Beberapa vitamin prenatal biasanya sudah mengandung DHA yang dibutuhkan bagi janin Anda nantinya.

Apabila belum, Anda mungkin harus menambah asupan dari produk suplemen lain. Dokter Anda juga dapat meresepkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Selama mencoba untuk hamil, ada baiknya Anda meminimalisir asupan kafein Anda. Tidak lebih dari 200-300mg kafein per hari. Walau belum ada hubungan yang jelas antara konsumsi kafein dan kesuburan, namun beberapa penelitian memperlihatkan bahwa konsumsi kafein dapat menyebabkan masalah kesuburan atau bahkan keguguran.

Konsumsi alkohol juga harus dibatasi. Banyak penelitian besar mengaitkan kebiasaan minum alkohol dengan tingkat fertilitas. Minum alkohol kurang dari lima kali per minggu mungkin tidak memberikan efek yang berbahaya, namun peminum berat harus berhati-hati karena kebiasaan tersebut kemungkinan mengganggu kesuburan dan mengganggu perkembangan bayi.

Jika Anda mengonsumsi beberapa gelas kopi per hari atau meminum alkohol beberapa kali dalam seminggu, Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan tersebut sebelum hamil.

Dengan menguranginya secara perlahan, kemungkinan Anda mengalami reaksi dari putus kafein dan alkohol saat kehamilan akan semakin kecil. Jika Anda masih merasa tidak yakin berapa jumlah kopi atau alkohol yang diperbolehkan untuk Anda, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter.

4. Mulai olahraga teratur

Olahraga tidak hanya akan membantu tubuh Anda tetap bugar selama kehamilan dan membantu proses melahirkan, namun juga memudahkan perjalanan Anda menuju kehamilan yang sukses. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa berolahraga dalam intensitas sedang (seperti jalan kaki atau bersepeda santai) akan membantu mempercepat masa pembuahan.

Namun di sisi lain, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa latihan berat seperti berlari, bersepeda, dan berenang yang intens dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konsepsi sebanyak 42%.

Penelitian lebih lanjut memang diperlukan untuk mencari tahu hubungan antara olahraga berat dengan tingkat kesuburan. Jika Anda mencoba hamil, dan tidak berhasil setelah beberapa bulan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengurangi intensitas olahraga Anda.

Jika Anda tidak rutin berolahraga, cobalah mulai dengan 30 menit olahraga aerobik setiap harinya, ditambah dengan dua hingga tiga hari melatih kekuatan otot Anda dalam seminggu.

5. Berhenti merokok

American Society of Reproductive Medicinemenyatakan bahwa wanita yang merokok lebih sulit hamil dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Risiko infertilitas meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah rokok yang dikonsumsi seseorang setiap harinya. Jika Anda ingin mencoba hamil, ada baiknya Anda berhenti merokok untuk memperbaiki kesuburan Anda. Semakin cepat Anda berhenti, akan semakin baik bagi kondisi tubuh Anda.

Ingin cepat hamil? Ubah gaya hidup Anda dari sekarang

Berolahraga secukupnya, pola makan yang sehat dan seimbang, dan menghentikan kebiasaan hidup tidak sehat dapat menurunkan risiko seorang wanita mengalami infertilitas atau ketidaksuburan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan, Anda dapat bertanya kepada dokter.