Sunday, 12 March 2017

IWO Riau Rampungkan Kepengurusan

Pekanbaru, PenaOne - Kemajuan Teknologi Informasi (IT) tidak dapat dibendung, pesatnya media online turut didorong jumlah wartawan yang terus meningkat.

Tidak jarang penggiat kuli tinta media online itu disamping SDM dibidangnya masih minim, kerap dihantui rasa was-was ditengah regulasi ketentuan UU IT yang terus bergulir.

Untuk menyikapi hal tersebut, tak lama lagi kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Riau  segera terbentuk.

Abidah dan Riswan Ndruru penerima Mandat dari Pimpinan Pusat (PP) IWO saat ini berbagai persiapan dilakukan. "Mandat sudah kita terima pada tanggal 6 Maret 2017 lalu dari PP IWO Pusat. Saat ini kita tengah menyusun kepengurusan dan rencana pelantikan," kata Abidah didampingi Riswan Ndruru di jalan Pepaya, Sabtu (11/3/2017), Kota Pekanbaru, Riau.

Dijelaskannya, sasaran calon keanggotaan sesuai AD/ART IWO menjadi anggota. "Calon anggota adalah wartawan media ciber Online, dengan rekomendasi pemimpin redaksi media yang bersangkutan dan memiliki legalitas prinsip seperti Akte, AHU dan terdaftar di Dewan Pers," jelas Abidah, seraya mengatakan IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999.

Disampaikannya, niatnya bersedia menerima mandat dari PP IWO lebih menjawab dinamikan yang terjadi ditengah wartawan media online di riau.

"Setelah melihat AD/ART IWO, saya optimis, melalui IWO akan berperan dalam peningkatan SDM anggotanya, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum dan kesejahteraan," kata dia.

Abidah kemudian menyampaikan perkembangan setelah pihaknya diketahui menerima mandat dari PP IWO Pusat. "Luar biasa, respon rekan-rekan cukup tinggi, antusias dan siap bergabung. Sampai saat ini saja sudah 50 orang calon sudah menyatakan dirinya siap bergabung, dari presentase 30 media online. Untuk itu melalui publikasi ini kita tetap membuka pintu kepada rekan-rekan lainnya untuk bergabung, baik yang di kota pekanbaru sendiri maupun luar kota di provinsi riau," ajak Abidah yang memiliki postur tubuh tinggi ini.

Disinggung siapa calon Ketua, Abidah belum terlalu membuka dan terkesan merahasiakan.

"Sudah ada, sehari setelah menerima mandat, kita berkunjung bersilaturahim dan beliau siap menjadi ketua. Beliau dari kalangan pengusaha yang tidak teraviliasi dengan kepentingan pemerintah, guna independensi pers itu sendiri," cuit Abidah, seraya berpesan agar tidak dipublikasi nama calon ketua dengan alasan kepentingan IWO Riau hingga pelantikan. "Tunggu aja tanggal mainnya ya," tutup CEO Ranahriau.com ini.

Sementara itu Riswan Ndruru (www.tribunsatu.com) menyampaikan jadwal pertemuan calon pengurus DPW IWO Riau. "Bila tidak ada halangan, Sabtu (18/3/2017 depan, kita gelar rapat akhir, bersama calon anggota sekaligus penetapan pengurus, selanjutnya diusulkan ke DPP IWO untuk di SK-kan, mohon doanya, undangan menyusul. (toh/*)