Wednesday, 5 April 2017

307 TKI Dideportasi dari Malaysia Via Kepri

Tanjungpinang, PenaOne - Sebanyak 307 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dideportasi pemerintah Malaysia melalui kapal laut ke Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) Rabu (5/4/2017) Pukul 19:00 WIB.

307 TKI B masing-masing 216 orang laki-laki, 77 orang perempuan dan 14 anak-anak itu dipulangkan pemerintah Malaysia ke Indonesia setelah mereka menjalani masa tahanan selama 8 bulan hingga 1,5 tahun.

Feri (40) TKI B asal Aceh mengatakan, dia ditangkap karena izin kerja tak ada, tapi paspor ada dan disita petugas Rela dan Imigrasi sana. sadisnya lagi yang dikatakannya, selama di penjara dia bersama teman-teman TKI lainnya di pukul pakai rotan dibagian kaki dan dibawah punggung hingga berbekas.

"Saya baru masuk penjara saja sudah dipukul pakai rotan berkali-kali. azab bang di penjara sana. Setelah menjalani penjara 1,5 tahun baru di tolak ke Indonesia di Tanjungpinang ini,” ujarnya Rabu (5/4/2017).

Begitu juga diungkapkan Ahmat (36) TKI asal Lombok. Mereka di tangkap, dibotakin hingga di siksa pakai rotan hingga di pantat berbekas luka-luka.

307 orang TKI B yang dibawa menggunakan kapal MV Telaga Expres itu di dampingi dinas sosial dan tenaga kerja Kota Tanjungpinang.

Selanjutnya 307 TKI B dibawa ke penampungan RPTC di Sungai Timun Senggarang KM 14, Sembari menunggu kapal Pelni untuk pemulangan mereka kekampung halamannya masing-masing.

Penulis: Aulia