Monday, 17 April 2017

59 Jamaah Calon Haji Lakukan Pelunasan BPIH di Bontang

Bontang, PenOne - Setelah dikeluarkannya edaran dari Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah tentang besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), mulai tanggal 10 April kemarin jamaah calon haji Kota Bontang melakukan pelunasan pada bank yang telah ditunjuk.

Hingga saat ini Jum'at pekan lalu, sudah ada 59 jamaah yang datang melapor ke Seksi PHU Kemenag Bontang, telah melakukan pelunasan ke bank. Menurut Kepala Seksi PHU, H. Ali Mustofa, jamaah yang sudah melunasi BPIH tahap I akan diupdate secara rutin. Begitu juga saat tahap II nanti akan terus didata berapa jamaah yang belum melakukan pelunasan untuk mengetahui terpenuhi atau tidaknya kuota yang ada.

"Besaran biaya untuk tahun ini adalah Rp. 38.039.150,- yang akan dipergunakan untuk pelayanan kepada jamaah. Dibandingkan tahun lalu memang mengalami peningkatan sebesar Rp. 249.000,-, yang sudah tentu pelayanan juga akan ikut meningkat. Mulai dari jatah makanan, layanan transportasi, dan peningkatan kualitas tenda saat melaksanakan wukuf di Padang Arafah akan ditingkatkan oleh pemerintah," jelasnya.

Menurut operator Siskohat Kemenag Bontang, Lukman, dikutip kemenag.go.id, menambahkan sebenarnya sudah ada beberapa jamaah yang sudah melakukan pelunasan namun masih dalam proses kliring antar bank. "Hari Senin nanti baru akan diketahui berapa jamaah lagi yang sudah melakukan pelunasan untuk kemudian didata," terangnya.

Sementara itu kepada jamaah yang belum sempat melakukan pelunasan pada tahap I ini bisa melunasinya pada Tahap II mulai Tanggal 22 Mei hingga 2 Juni. Untuk itu diharapkan bagi jamaah yang masuk dalam kuota tahun ini agar segera melakukan pelunasan.

Tercatat dari 144 kuota yang ada, sudah ada 7 jamaah yang menyatakan batal berangkat dan 2 jamaah meninggal dunia. Nantinya kuota yang tersisa ini diperuntukkan bagi jamaah yang berusia lanjut dengan usia minimal 75 tahun keatas sesuai peringkat yang ada di database Kemenag RI. (scl/ian)