Kamis, 20 April 2017

6 Tersangka Diserahkan Ke Kejari Rohil

Rohil, PenaOne - ‎Usai melakukan penyidikan serta berkas dinyatakan  lengkap, Imigrasi Kelas II Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)  menyerahkan 6 orang tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohil, kemarin.

"Pada hari ini pihak Imigrasi menyerahkan enam tersangka pengangkut TKI yang tidak melalui Imigrasi," kata Kajari Rohil Bima Supra Yoga melalui Kasi Pidum Sobrani Binzar SH.

Adapun ke enam tersangka tersebut yakni, EZ, FB, BP, MY, BA serta IA. Ke‎enam tersangka tersebut merupakan nahkoda, pemilik serta awak dari Kapal Bahtera yang  tertangkap  di Pulau Tokong oleh Pihak Bea Cukai Dumai pada tanggal 20 Januari 2017 yang lalu.

Sobrani Binzar juga menyebutk, dari keterangan para terdakwa yang melakukan pengangkutan terhadap kurang lebih sebanyak 140 orang TKI dari Malaysia ke Rohil (Pulau jemur).

"TKI dikenakan ongkos sebesar 750 Ringgit per orang nya tanpa melelui Imigrasi," ujarnya dikutio riauantara.


Penangkapan tersebut bermula saat KM Bahtera dengan Nomor Lambung 07 berangkat dari Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara pada 16 januari jam 10 pagi dengan Tujuan Malaysia dan kembali dari  Malaysia 20 Januari 2017 dan tertangkap oleh Bea Cukai Dumai.

Namun setelah melihat titik Koordinat, ternyata kawasan penangkapan berada di Area Rohil. Kemudian Imigrasi dumai menyerahkan para tersangka ke Imigrasi Rohil.

"Penangkapan dilakukan oleh Bea cukai Dumai, namun setelah melihat titik koordinat ternyata wilayah Rohil makanya di limpahkan ke sini," papar Sobrani.

Adapun pasal yang di sangkakan terhadap para  tersangka adalah pasal 120 ayat 1 Junto pasal 51 ayat 1 serta pasal 114 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun serta minimal 5 tahun. (bian)