Rabu, 26 April 2017

Ajax Bakal Ubah Nama Stadion Jadi Johan Cruyf

Amsterdam, PenaOne - Raksasa Eredivisie Belanda Ajax Amsterdam berenca mengubah nama stadion mereka menjadi Johan Cruyff.

Klub mengumumkan keputusan tersebut saat mantan pemain Ajax, Barcelona dan tim nasional Belanda ini seharusnya berusia 70 pada 25 April kemarin. Mereka telah mencapai persetujuan antara dewan klub, walikota Amsterdam dan alderman untuk olahraga serta rekreasi di kota.

Cruyff sendiri meninggal dunia pada 24 Maret 2016 setelah berjuang melawan kanker.

“Dewan Amsterdam Arena (Stadion Amsterdam), dewan AFC dan walikota telah sepakat dalam sebuah dokumen untuk mengubah nama Amsterdam ArenA menjadi Johan Cruyff Arena,” demikian pernyataan dalam laman resmi Ajax.

“Dengan perubahan nama, tiga pihak ini ingin pemain sepakbola Amsterdam tersebut memiliki tribute yang berharga.

“Mewakili keluarga, Jordi Cruyff [putra Johan] mengatakan, ia senang dan terhormat dengan surat pernyataan keinginan mengubah nama stadion.

“Detail ini dijelaskan dalam kontrak yang dalam enam bulan akan diserahkan ke dewan kota, manajemen dan dewan manajemen dan pengawas Stadion Amsterdam dan Ajax.

“Pihak-pihak ini yakin ini adalah sebuah keadilan untuk mengenang Johan Cruyff dan harapan bahwa Johan Cruyff Arena adalah inspirasi untuk pemain dari seluruh dunia.”

Cruyff merupakan bagian dari legena Ajax era 1970-an yang menyabet tiga gelar Piala Champions, serta memperkenalkan total football bersama klub Amsterdam dan Belanda. Ia juga membawa tim Oranje menembus final Piala Dunia 1974.

Bersama Barcelona, Cruyff juga menikmati sukses sebagai pelatih, menyabet empat titel La Liga serta membawa the Catalans jawara Piala Champions untuk pertama kali pada 1992. (sahid)

Sumber: goal.com