Tuesday, 4 April 2017

Dana BOS Harus Tepat Sasaran

foto-net
Martapura, PenaOne - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus tepat sasaran kata Petugas dari Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) Arif Hidayat, pada acara sosialisasi dana BOS se kabupaten Banjar, belum lama ini di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Model Tambak Sirang.

Arif Hidayat mengatakan dana BOS harus tepat sasaran, ketika sudah diterima di Madrasah, pengeluarannya tidak melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

''Anggaran untuk perjalanan dinas tujuan Kotamadya tidak lebih dari Rp.170.000, tujuan antar kabupaten Rp.150.000, jumlah tersebut tidak bisa ditawar- tawar lagi,'' kata Arif di acara yang dihadiri semua Kepala Madrasah MI dan MIN se Kabupaten Banjar Tersebut.

Arif menambahkan dana BOS juga tidak boleh untuk biaya minum guru, kecuali air minum kemasan air botol/ air dalam galon, dan dananya tidak boleh lebih dari ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. ''Penggunaan dana BOS akan terus disosialisasikan dan penggunaannya akan terus diaudit oleh BPKP dan instansi terkait,'' tambah Arif dikutip kemenag.go.id.

Kepala Madrasah (kamad) MIN 20 Banjar menuturkan dengan sosilisasi yang diselenggarakan BPKP dan Kasi Penmad Kemeneg Kabupaten, para kepala Madrasah akan dapat membuat anggaran yang tepat dan benar untuk kepentingan pengelolaan Madrasah. ''Anggaran yang jelas akan memudahkan para Kamad menyusun keperluan yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah,'' tutur Pahnur.

Pahnur menambahkan karena biaya minum tidak ada anggaran dari dana BOS, para guru berswadaya mengumpulkan iuran dari guru- guru langsung, agar tidak mengambil dari dana yang memang seharusnya bukan untuk biaya minum guru. ''Dana- dana dari pemerintah tidak bisa dipergunakan sekehendak, karna sudah ada aturan serta juknis yang ditetapkan, dan benar- benar harus dipatuhi dan ditaati oleh Instansi yang mendapatkannya,'' pungkas Pahnur. (Wardah/han)