Tuesday, 4 April 2017

Dishub Uji Coba Penutupan Empat Perlintasan KA

Jakarta, PenaOne - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah lokasi persimpangan sebidang kereta api yang akan ditutup.

Untuk tahap pertama, uji coba dilaksanakan di empat lokasi perlintasan, yaitu Jalan TB Simatupang, Pondok Kopi, Pejompongan 1 dan Pasar Minggu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Priyanto mengatakan, pihaknya akan menggelar sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan uji coba penutupan. Sosialisasi pertama digelar di perlintasan KA Pejompongan 1,  pada 31 Maret hingga 6 April.

"Selanjutnya 7 April hingga 4 Mei kita lanjutkan uji coba penutupan. Tanggal 5 Mei akan kita putuskan dilanjutkan atau tunda," katanya, Selasa (4/4/2017).

Saat uji coba di perlintasan KA Pejompongan 1, kendaraan dari arah Jl Tentara Pelajar menuju arah selatan (Jl Tentara Pelajar/Permata Hijau) yang biasa melalui pelintasan akan diarahkan berputar di u-turn Jl Penjernihan (sebelum SPBU).

Untuk perlintasan di Jl TB Simatupang, sosialisasi digelar mulai 7 hingga 17 April. Selanjutnya mulai 18 April hingga 18 Mei akan dilaksanakan uji coba rekayasa dan penerapan diputuskan berlanjut atau ditunda akan ditetapkan 19 Mei.

Selama uji coba, kendaraan dari arah Jl Depok yang akan menuju Pasar Rebo, akan diarahkan berputar di depan Robinson Pasar Minggu, selanjutnya melalui underpass. Atau kendaraan dapat berputar di depan Kementerian Pertanian.

Sedangkan perlintasan Jl Pasar Minggu akan disosialisasikan mulai 20-27 April dan diuji coba mulai 28 April hingga 12 Mei. Lalu pada 13 Mei akan diputuskan tetap dilanjutkan atau ditunda.

Terkait rekayasa lalu lintasnya, kendaraan dari arah Jl Kalibata menuju Pasar Rebo akan diarahkan turun melalui underpass melalui Jl Tanjung Barat Raya.

Sementara perlintasan KA Pondok Kopi, akan dilakukan sosialisasi mulai 20-27 April dan dilaksanakan ujicoba pada 28 April hingga 19 Mei. Dikutip beritajakarta, selanjutnya pada 23 Mei akan diputuskan dilanjutkan atau ditunda.

Bagi kendaraan dari arah Jl I Gusti Ngurah Rai menuju Jl Penggilingan akan diarahkan naik melalui flyover (FO). Sedangkan yang dari arah Jl Penggilingan ke Pondok Kopi akan diarahkan melalui FO untuk berputar di Jl I gusti Mgurah Rai.

"Yang menjadi pertimbangan kita penyeberangan orang. Makanya kita akan rekomendasikan pembangunan JPO ke Bina Marga atau Dirjen Perkeretaapian," tandasnya. (nat)