Monday, 10 April 2017

Gedung Jabal Rahmah Banjarmasin Siap Diresmikan

Banjarmasin, PenaOne - Gedung baru Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin siap untuk diresmikan. Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin Faisal mengatakan, gedung yang dibangun dengan biaya lebih dari Rp61 miliar melalui skema SBSN ini akan diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Senin (10/04) besok.

"Persiapan peresmian sudah 95%. Insya Allah akan siap semua pada saat diresmikan besok oleh Menteri Agama," terang Faisal di Banjarmasin, Minggu (9/4/2017).

Berlokasi di halaman depan asrama haji, gedung empat lantai dengan luas bangunan mencapai 1500 meter persegi tiap lantai ini nampak megah. Menurut Faisal, gedung bermotif putih coklat itu diberi nama Jabal Rahmah.

"Gedung baru ini memiliki 63 kamar dan 6 ruang kantor terpadu. Setiap kamar empat tempat tidur sehingga kapasitas gedung ini mencapai 252 orang," ujarnya.

"Selain kamar mandi yang luas dan bersih, setiap kamar juga sudah dilengkapi pendingin ruangan," tambahnya.

Faisal berharap, dikutip kemenag.go.id keberadaan gedung baru ini akan meningkatkan kualitas layanan sekaligus membantu mewujudkan visi pengelolaan Asrama Haji yang handal dalam pelayanan terhadap jemaah haji dan masyarakat.

Selain Jabal Rahmah, UPT Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dilengkapi dengan sejumlah gedung 10 gedung asrama lainnya, yaitu: VIP Marwah (8 kamar), Madinah (18 kamar), Mina (18 kamar), Bir Ali (18 kamar), Muzdalifah (18 kamar), Arafah (18 kamar), Shafa (18 kamar), Tanim (18 kamar), Aziziyah (16 kamar), dan Sai (15 kamar).

Selain itu, asrama haji seluas 75.717 meter persegi ini juga dilengkapi dengan Masjid Syahrazza Muhtadin, dua aula, poliklinik, gedung bank, dua ruang katering, dan satu ruang sekretariat UPT.

"Kuota haji Kalimantan Selatan tahun ini sebanyak 3.831, terdiri dari 3.799 jemaah dan 32 Tim Petugas Haji Daerah," ucapnya. (mkd/nah)